Proses Berpikir Siswa Level Deduksi Informal Dalam Menyelesaikan Masalah Luas Permukaan Limas Dan Prisma Berdasarkan Tahapan Polya
Date
2021-06-01Author
SAHRITA, Titis
SUSANTO, Susanto
YUDIANTO, Erfan
SUGIARTI, Titik
SETIAWAN, Toto’ Bara
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir geometri siswa dalam menyelesaikan masalah luas permukaan limas dan prisma melalui tahapan
Polya. Subjek penelitian ini adalah dua siswa yang berada pada level deduksi informal di SMPN 3 Jember. Siswa diberikan tes tentang luas permukaan limas dan prisma, dilanjutkan dengan wawancara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir siswa mengalami kondisi disequilbrium dan equilbrium dengan melalui asimilasi dan akomodasi dalam setiap
tahap pemecahan masalah luas permukaan limas dan prisma, serta siswa juga memenuhi indikator kemampuan berpikir geometri Van Hiele pada level deduksi informal. Siswa memahami kondisi dan fakta masalah, mengidentifikasi himpunan sifat-sifat bangun yang berbeda-beda untuk mengkarakterisasi kelas dan mengaitkan
antar karakteristik pembentuk konsep, menentukan rumus yang tepat dalam pemecahan masalah, dan memecahkan masalah dengan menekankan pada pentingnya
sifat gambar dan relasinya
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7323]