Show simple item record

dc.contributor.authorAnggia Teki Febri Ningrum
dc.date.accessioned2013-09-10T06:07:42Z
dc.date.available2013-09-10T06:07:42Z
dc.date.issued2013-09-10
dc.identifier.nimNIM080210204285
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/999
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar matematika di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah metode pembelajaran yang digunakan di sekolah kurang bervariatif, sehingga pemahaman terhadap konsep matematika sulit dicerna dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika yang merupakan salah satu kegiatan utama dalam pembelajaran matematika. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika, khususnya pada pokok bahasan perkalian adalah Melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media pembelajaran berbasis aneka sumber. Pembelajaran tersebut siswa mendapatkan pengalaman baru tentang cara berhitung matematika. Beberapa media yang diberikan guru diharapkan siswa akan lebih mudah menyelesaiakn soal perkalian dengan benar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana aktivitas dan hasil belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media pembelajaran berbasis aneka sumber. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui penerapan pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media pembelajaran berbasis aneka sumber pokok bahasan perkalian, (2) mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media pembelajaran berbasis aneka sumber pokok bahasan perkalian, dan (3) mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media pembelajaran berbasis aneka sumber pokok bahasan perkalian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA di SDN Tanggul Wetan 02 tahun pelajaran 2011/2012. Data diambil pada tanggal 28 Juli - 9 Nopember 2011. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan desain model Hopkins dengan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, test, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan peneliti dibantu oleh 4 orang observer. Berdasarkan hasil analisis data pada aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 36,1% yaitu pada siklus 1 mencapai 47,2% dan siklus 2 mencapai 83,3%. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 19,4%, yakni dari siklus 1 mencapai 69,4% dan pada siklus 2 mencapai 88,8%, dengan hasil yang dicapai tersebut dapat dinyatakan tuntas. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan media pembelajaran berbasis aneka sumber dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan perkalian di Tanggul Wetan 02.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204285;
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAWen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANEKA SUMBER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PERKALIAN BILANGAN KELAS IV SDN TANGGUL WETAN 02en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record