PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANEKA SUMBER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PERKALIAN BILANGAN KELAS IV SDN TANGGUL WETAN 02
Abstract
Rendahnya  nilai  hasil  belajar  matematika  di  sekolah  disebabkan  oleh 
beberapa  faktor  salah  satunya  adalah    metode  pembelajaran  yang  digunakan    di 
sekolah  kurang  bervariatif,  sehingga  pemahaman  terhadap  konsep  matematika  sulit 
dicerna  dan  juga  berakibat  pada  kemampuan  siswa  dalam  memecahkan  masalah 
matematika  yang  merupakan  salah  satu  kegiatan  utama  dalam  pembelajaran 
matematika.  Salah  satu  cara  untuk  meningkatkan  kemampuan  pemecahan  masalah 
matematika,  khususnya  pada  pokok  bahasan  perkalian    adalah  Melalui  penerapan  
pembelajaran  kooperatif  tipe  jigsaw  dengan  media  pembelajaran  berbasis  aneka 
sumber.  Pembelajaran  tersebut  siswa  mendapatkan  pengalaman  baru  tentang  cara 
berhitung  matematika.  Beberapa  media  yang  diberikan  guru  diharapkan  siswa  akan 
lebih  mudah  menyelesaiakn  soal  perkalian  dengan  benar.  Rumusan  masalah  dalam 
penelitian ini yaitu, bagaimana aktivitas dan hasil belajar siswa dengan diterapkannya 
pembelajaran  kooperatif  tipe  jigsaw  dengan  media  pembelajaran  berbasis  aneka 
sumber. 
Tujuan  penelitian  ini  adalah  (1)  mengetahui  penerapan  pembelajaran 
matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media pembelajaran 
berbasis  aneka  sumber  pokok  bahasan  perkalian,  (2)  mengetahui  aktivitas  siswa 
dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan 
media  pembelajaran  berbasis  aneka  sumber  pokok  bahasan  perkalian,  dan  (3) 
mengetahui  ketuntasan  hasil  belajar  siswa  dalam  pembelajaran  matematika  melalui pembelajaran  kooperatif  tipe  jigsaw  dengan  media  pembelajaran  berbasis  aneka 
sumber pokok bahasan perkalian. 
Penelitian  ini  merupakan  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK).  Subyek  dalam 
penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  IVA  di  SDN  Tanggul  Wetan  02  tahun  pelajaran 
2011/2012.  Data  diambil  pada  tanggal  28  Juli  -  9  Nopember  2011.  Model 
pembelajaran  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  model  pembelajaran 
kooperatif  tipe  Jigsaw.  Penelitian  ini  menggunakan  desain  model  Hopkins    dengan 
melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dalam 
penelitian  diperoleh  dengan  menggunakan  metode  observasi,  wawancara,  test,  dan 
dokumentasi.  Penelitian  ini  dilakukan  dalam  dua  siklus  dan  peneliti  dibantu  oleh  4 
orang observer.    
  Berdasarkan hasil analisis data pada aktivitas siswa secara klasikal mengalami 
peningkatan  sebesar  36,1%  yaitu  pada  siklus  1  mencapai  47,2%  dan  siklus  2 
mencapai 83,3%. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 
19,4%,  yakni  dari  siklus  1  mencapai  69,4%  dan  pada  siklus  2  mencapai  88,8%, 
dengan hasil yang dicapai tersebut dapat dinyatakan tuntas. 
Kesimpulan  dari  hasil  penelitian  ini  adalah  penerapan  pembelajaran 
kooperatif  tipe  Jigsaw  dengan  media  pembelajaran  berbasis  aneka  sumber  dapat 
meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa  kelas  IV  pada    mata    pelajaran  
Matematika pokok bahasan perkalian di Tanggul Wetan 02.
