Show simple item record

dc.contributor.authorIndrawati
dc.date.accessioned2013-12-18T05:15:16Z
dc.date.available2013-12-18T05:15:16Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.isbn978-979-028-534-7
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9992
dc.descriptionProsiding Seminar Nasional Sains 2012 “Re-Orientasi Pembelajaran Sains” UNESA, 14 Januari 2012en_US
dc.description.abstractMakalah ini membicarakan tentang penelitian tindakan kelas yang berjudul “Penggunaan Model Buku Ajar dengan Analisis Kejadian Riil dalam Foto dan/atau Wacana Isu untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Cara Bernalar, dan Tingkat Pencapaian Konsep Fisika Dasar I Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Tahun Ajaran 2009-2010”. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan: (1) peningkatan hasil belajar Fisika Dasar I mahasiswa, (2) peningkatan cara bernalar induktif mahasiswa dalam bernalar untuk memecahkan masalah Fisika Dasar I, (3) peningkatan tingkat pencapaian konsep mahasiswa dalam memecahkan persoalan Fisika Dasar I, dan (4) proses cara meningkatkan hasil belajar, jumlah mahasiswa yang bernalar dengan cara induktif, dan jumlah mahasiswa yang taraf berpikirnya formal. Subyek penelitian adalah mahasiswa penempuh Mata Kuliah Fisika Dasar I di program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember Semester Gasal Tahun jaran 2009/2010 sebanyak 56 mahasiswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, catatan lapangan, dan tes. Peningkatan hasil belajar dihitung dengan normalized gain (Ng), peningkatan atau perbaikan cara benalar induktif dan tingkat pencapaian konsep mahasiswa dilakukan dengan mendata jumlah mahasiswa yang bernalar secara induktif dan berpikir formal pada saat menyelesaikan masalah. Proses untuk meningkatkan hasil belajar, jumlah mahasiswa bernalar induktif dan berpikir formal dilakukan mendeskripsikan strategi penggunaan buku ajar untuk pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model buku ajar tersebut dapat meningkatkan hasil belajar pada kategori cukup, meningkatkan jumlah mahasiswa bernalar pada siklus 1 adalah 13 % dan pada siklus 2 adalah 18 %, meningkatkan jumlah mahasiswa berpikir formal 45 % pada siklus 1 dan 46 % pada siklus 2. Peningkatan tersebut dicapai dengan strategi memadukan buku ajar tersebut dengan metode tugas kelompok, diskusi, dan pemecahan masalah dalam proses pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectModel buku ajar, hasil belajar, cara bernalar, tingkat pencapaian konsepen_US
dc.titlePENGGUNAAN MODEL BUKU AJAR DENGAN ANALISIS KEJADIAN RIIL DALAM FOTO DAN/ATAU WACANA ISU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR, CARA BERNALAR, DAN TINGKAT PENCAPAIAN KONSEP FISIKA DASAR I MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA TAHUN AJARAN 2009-2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record