• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • Karya Deposit Ilmiah
    • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • Karya Deposit Ilmiah
    • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MODEL BUKU AJAR DENGAN ANALISIS KEJADIAN RIIL DALAM FOTO DAN/ATAU WACANA ISU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR, CARA BERNALAR, DAN TINGKAT PENCAPAIAN KONSEP FISIKA DASAR I MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA TAHUN AJARAN 2009-2010

    Thumbnail
    View/Open
    File Indrawati.pdf (182.8Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Indrawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Makalah ini membicarakan tentang penelitian tindakan kelas yang berjudul “Penggunaan Model Buku Ajar dengan Analisis Kejadian Riil dalam Foto dan/atau Wacana Isu untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Cara Bernalar, dan Tingkat Pencapaian Konsep Fisika Dasar I Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Tahun Ajaran 2009-2010”. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan: (1) peningkatan hasil belajar Fisika Dasar I mahasiswa, (2) peningkatan cara bernalar induktif mahasiswa dalam bernalar untuk memecahkan masalah Fisika Dasar I, (3) peningkatan tingkat pencapaian konsep mahasiswa dalam memecahkan persoalan Fisika Dasar I, dan (4) proses cara meningkatkan hasil belajar, jumlah mahasiswa yang bernalar dengan cara induktif, dan jumlah mahasiswa yang taraf berpikirnya formal. Subyek penelitian adalah mahasiswa penempuh Mata Kuliah Fisika Dasar I di program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember Semester Gasal Tahun jaran 2009/2010 sebanyak 56 mahasiswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, catatan lapangan, dan tes. Peningkatan hasil belajar dihitung dengan normalized gain (Ng), peningkatan atau perbaikan cara benalar induktif dan tingkat pencapaian konsep mahasiswa dilakukan dengan mendata jumlah mahasiswa yang bernalar secara induktif dan berpikir formal pada saat menyelesaikan masalah. Proses untuk meningkatkan hasil belajar, jumlah mahasiswa bernalar induktif dan berpikir formal dilakukan mendeskripsikan strategi penggunaan buku ajar untuk pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model buku ajar tersebut dapat meningkatkan hasil belajar pada kategori cukup, meningkatkan jumlah mahasiswa bernalar pada siklus 1 adalah 13 % dan pada siklus 2 adalah 18 %, meningkatkan jumlah mahasiswa berpikir formal 45 % pada siklus 1 dan 46 % pada siklus 2. Peningkatan tersebut dicapai dengan strategi memadukan buku ajar tersebut dengan metode tugas kelompok, diskusi, dan pemecahan masalah dalam proses pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9992
    Collections
    • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan [298]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository