Show simple item record

dc.contributor.authorAfiatus Salehah
dc.date.accessioned2013-09-10T05:46:42Z
dc.date.available2013-09-10T05:46:42Z
dc.date.issued2013-09-10
dc.identifier.nimNIM080210204136
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/995
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar IPA siswa kelas Va SDN Pace 02 Kecamatan Silo Kabupaten Jember disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; proses pembelajaran berpusat pada guru, metode pembelajaran yang monoton (kurang bervariasi), tidak adanya media pembelajaran yang menarik perhatian siswa, dan praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa. Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep IPA sulit dicerna dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar. Sehingga rumusan masalah yang timbul yaitu bagaimana peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas Va SDN Pace 02 Kecamatan Silo Kabupaten Jember setelah penerapan Pembelajaran menggunakan kooperatif model Team Games Tournament (TGT) dengan media kokami (kotak dan kartu misterius). Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT) menggunakan media kokami (kotak dan kartu misterius) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas Va SDN Pace 02 Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Pace 02 Kecamatan Silo Kabupaten Jember, dimulai pada tanggal 23 Nopember 2011 sampai tanggal 30 Nopember 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas Va dengan jumlah siswa 25 anak, terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif kuantitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA, dan jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Hasil analisis aktivitas belajar IPA siswa kelas Va SDN Pace 02 Kecamatan Silo Kabupaten Jember selama proses pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT) menggunakan media kokami (kotak dan kartu misterius) diperoleh persentase keaktifan siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II adalah sebesar 36,00% dan 80,00% yang termasuk dalam kategori aktif, sedangkan hasil belajar IPA siswa kelas Va SDN Pace 02 Kecamatan Silo Kabupaten Jember selama proses pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT) menggunakan media kokami sangat signifikan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase hasil belajar yang diperoleh dari siklus I sebesar 44,00%. Persentase hasil belajar pada siklus II yang diperoleh dengan memperbaiki hasil refleksi dari siklus I adalah sebesar 88,00% yang menunjukkan peningkatan sebesar 44,00%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT) menggunakan media kokami dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas Va SDN Pace 02 Kecamatan Silo Kabupaten jember tahun pelajaran 2010/2011.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204136;
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)en_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA KOKAMI DI KELAS Va SDN PACE 02 KECAMATAN SILO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record