dc.description.abstract | Rendahnya nilai hasil belajar IPA siswa kelas Va SDN Pace 02 Kecamatan
Silo Kabupaten Jember disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; proses
pembelajaran berpusat pada guru, metode pembelajaran yang monoton (kurang
bervariasi), tidak adanya media pembelajaran yang menarik perhatian siswa, dan
praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa.
Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep IPA sulit dicerna dan juga berakibat
pada kemampuan siswa dalam mengembangkan keterampilan proses untuk
menyelidiki alam sekitar. Sehingga rumusan masalah yang timbul yaitu bagaimana
peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas Va SDN Pace 02 Kecamatan
Silo Kabupaten Jember setelah penerapan Pembelajaran menggunakan kooperatif
model Team Games Tournament (TGT) dengan media kokami (kotak dan kartu
misterius).
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
melalui pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT)
menggunakan media kokami (kotak dan kartu misterius) untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas Va SDN Pace 02 Kecamatan Silo
Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Pace 02 Kecamatan Silo
Kabupaten Jember, dimulai pada tanggal 23 Nopember 2011 sampai tanggal 30
Nopember 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas Va dengan jumlah siswa 25
anak, terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan. Jenis penelitian ini adalah
menggunakan pendekatan kualitatif kuantitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan
dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa tes akhir siklus
I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA, dan
jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti.
Hasil analisis aktivitas belajar IPA siswa kelas Va SDN Pace 02 Kecamatan
Silo Kabupaten Jember selama proses pembelajaran kooperatif model Team Games
Tournament (TGT) menggunakan media kokami (kotak dan kartu misterius)
diperoleh persentase keaktifan siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II adalah
sebesar 36,00% dan 80,00% yang termasuk dalam kategori aktif, sedangkan hasil
belajar IPA siswa kelas Va SDN Pace 02 Kecamatan Silo Kabupaten Jember selama
proses pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT)
menggunakan media kokami sangat signifikan untuk meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa. Persentase hasil belajar yang diperoleh dari siklus I sebesar
44,00%. Persentase hasil belajar pada siklus II yang diperoleh dengan memperbaiki
hasil refleksi dari siklus I adalah sebesar 88,00% yang menunjukkan peningkatan
sebesar 44,00%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran kooperatif model
Team Games Tournament (TGT) menggunakan media kokami dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas Va SDN Pace 02 Kecamatan Silo
Kabupaten jember tahun pelajaran 2010/2011. | en_US |