PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA KOKAMI DI KELAS Va SDN PACE 02 KECAMATAN SILO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Rendahnya nilai hasil belajar  IPA  siswa kelas Va  SDN Pace 02 Kecamatan 
Silo Kabupaten Jember  disebabkan oleh beberapa faktor antara lain;  proses 
pembelajaran berpusat pada guru,  metode pembelajaran yang monoton (kurang 
bervariasi), tidak adanya media pembelajaran yang menarik perhatian siswa, dan 
praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa. 
Oleh karena itu  pemahaman terhadap konsep  IPA  sulit dicerna dan juga berakibat 
pada kemampuan siswa dalam  mengembangkan  keterampilan proses untuk 
menyelidiki alam sekitar.  Sehingga rumusan masalah yang timbul yaitu bagaimana 
peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas Va SDN Pace 02 Kecamatan 
Silo Kabupaten Jember setelah penerapan Pembelajaran menggunakan kooperatif 
model  Team Games Tournament  (TGT)  dengan media kokami (kotak dan kartu 
misterius). 
  Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan  hasil belajar 
melalui  pembelajaran  kooperatif model  Team Games Tournament  (TGT) 
menggunakan  media kokami (kotak dan kartu misterius)  untuk meningkatkan 
aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas Va  SDN Pace 02 Kecamatan Silo 
Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Pace 02 Kecamatan Silo 
Kabupaten Jember, dimulai pada tanggal  23 Nopember 2011  sampai tanggal  30 
Nopember 2011.  Subyek  penelitian adalah siswa kelas Va  dengan jumlah siswa  25 
anak, terdiri dari  11  laki-laki dan  14  perempuan.  Jenis penelitian ini adalah 
menggunakan pendekatan    kualitatif  kuantitatif  dengan Penelitian Tindakan Kelas 
(PTK).  Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes,  wawancara, dan 
dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa  tes akhir siklus 
I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA, dan 
jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. 
Hasil analisis aktivitas belajar IPA siswa kelas  Va  SDN Pace 02  Kecamatan  
Silo Kabupaten  Jember selama proses pembelajaran  kooperatif model  Team Games 
Tournament  (TGT)  menggunakan media kokami (kotak dan kartu misterius) 
diperoleh persentase keaktifan siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II adalah 
sebesar 36,00%  dan 80,00%   yang termasuk dalam kategori aktif, sedangkan    hasil 
belajar IPA siswa kelas Va SDN Pace 02 Kecamatan Silo Kabupaten Jember selama 
proses pembelajaran kooperatif model  Team Games Tournament  (TGT) 
menggunakan  media kokami  sangat  signifikan  untuk meningkatkan aktivitas dan 
hasil belajar siswa.  Persentase hasil belajar yang diperoleh dari  siklus I sebesar 
44,00%. Persentase hasil belajar pada siklus II yang diperoleh dengan memperbaiki 
hasil refleksi dari siklus I  adalah sebesar 88,00% yang menunjukkan peningkatan 
sebesar 44,00%. 
Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran kooperatif model 
Team Games Tournament  (TGT)  menggunakan media kokami  dapat meningkatkan 
aktivitas dan  hasil belajar IPA siswa kelas  Va  SDN  Pace 02 Kecamatan Silo 
Kabupaten jember tahun pelajaran 2010/2011.
