Show simple item record

dc.contributor.advisorINDRAYANI, Reny
dc.contributor.advisorHARTANTI, Ragil Ismi
dc.contributor.authorVALENTINA, Rossa
dc.date.accessioned2020-07-01T14:47:22Z
dc.date.available2020-07-01T14:47:22Z
dc.date.issued2020-02-04
dc.identifier.nimNIM152110101032
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99521
dc.description.abstractPerkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia berkembang dengan pesat, diikuti dengan kemunculan industri digital atau perusahaan startup. Sumber daya manusia (SDM) merupakan aspek utama dalam keberhasilan sebuah startup, dan suatu aset organisasi yang sangat vital guna mencapai tujuan dari sebuah organisasi, kepuasan kerja merupakan salah satu faktor penting guna mendapatkan hasil kerja yang optimal. Kepuasan kerja adalah suatu perasaan positif terhadap pekerjaan yang dilakukan. Stres kerja dan kompensasi kerja merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja. Di Indonesia terdapat satu-satunya startup yang telah berstatus decacorn yaitu, GO-JEK. Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada 30 driver GO-JEK diketahui bahwa sebagian besar driver memiliki stres kerja sedang, dan menyatakan bahwa kompensasi yang didapatkan masih kurang dan tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, serta mayoritas driver memiliki kepuasan kerja tingkat sedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah stres kerja dan kompensasi finansial memiliki hubungan dengan kepuasan kerja. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional pada komunitas Driver GO-JEK di Kota Jember, dengan populasi yang digunakan sebanyak 31 komunitas GO-JEK dengan 611 anggota driver dan sampel yang diperoleh sebanyak 90 driver. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner untuk mengukur kepuasan kerja, stres kerja, dan kompensasi finansial. Penelitian ini menggunakan uji analisis Chi-Square guna mengetahui hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel independen dalam penelitian ini meliputi: usia, masa kerja, status pekerjaan, stres kerja, dan kompensasi finansial berhubungan dengan kepuasan kerja, dengan nilai p-value < α (0,05) yakni, usia p-value = 0,006 , masa kerja p-value = 0,003, status pekerjaan p-value = 0,012, stres kerja p-value = 0,019 serta kompensasi finansial dengan p-value = 0,008. Stres kerja driver paling banyak berada pada tingkat stres sedang, yang dipengaruhi oleh indikator beban kerja, serta harapan dan target driver terhadap pekerjaan; kompensasi finansial driver sebagian besar berada pada kategori kompensasi finansial cukup, yang dipengaruhi oleh penurunan kompensasi finansial yang diperoleh; dan kepuasan kerja driver paling banyak berada pada kategori sedang, yang dipengaruhi oleh indikator kepuasan terhadap rekan kerja. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah PT. GO-JEK perlu memberikan perhatian pada driver GO-JEK guna meningkatkan kepuasan kerja driver, dengan melibatkan driver dalam setiap pembuatan kebijakan baru, agar menciptakan keadilan bagi kedua belah pihak guna mengurangi terjadinya stres pada driver; memperbaiki sistem operasi aplikasi terkait suspensi dan pemutusan kemitraan agar lebih transparan, adil, dan objektif, guna mengurangi terjadinya stres kerja pada driver. Bagi driver, melakukan istirahat yang cukup, serta mampu mengatur waktu kerja secara baik, guna menghindari waktu kerja yang berlebihan dalam mencapai target dan mendapatkan bonus harian. Peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian dan analisis variabel lain yang belum diteliti pada penelitian ini seperti : Beban kerja, Motivasi kerja, Safety riding, Konflik Kerja, maupun Kelelahan Kerja pada driver GO-JEK.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFAKULTAS KESEHATAN MASYARAKATen_US
dc.subjectStres Kerjaen_US
dc.subjectKeselamatan dan kesehatan kerjaen_US
dc.subjectKompensasi Finansiaen_US
dc.subjectKepuasan Kerjaen_US
dc.titleStres Kerja dan Kompensasi Finansial dengan Kepuasan Kerja Komunitas Driver GOJEK (Ojek Online) di Kota Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiKesehatan Masyarakat
dc.identifier.kodeprodi2110101


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record