PENERAPAN MODEL OBSIM (OBSERVASI-SIMULASI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS JEMBER DALAM MENGKONSTRUK TES HASIL BELAJAR FISIKA SMA
Abstract
Makalah ini membicarakan tentang penelitian tindakan kelas yang berjudul “Penerapan Model Obsim
untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember dalam
mengkonstruk tes hasil belajar fisika”. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan
kemampuan mahasiswa Prodi pendidikan Fisika semester genap tahun ajaran 2008/2009 dalam
mengkonstruk tes hasil belajar fisika SMA dengan pembelajaran model Obsim dan untuk
mendeskripsikan bagaimana model itu dalam proses meningkatan kemampuan mahasiswa untuk
mengkonstruk tes. Subyek penelitian adalah mahasiswa Prodi pendidikan Fisika semester genap tahun
ajaran 2008/2009 yang menempuh matakuliah Evaluasi Hasil Belajar Fisika, sebanyak 45 orang. Teknik
yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah obervasi, tes, dan wawancara. Peningkatan
kemampuan mengkonstruk tes hasil belajar dihitung dengan menggunakan normalized gain (Ng). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa model obsim dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam
mengkonstruk tes hasil belajar fisika pada kategori sedang untuk siklus pertama dan pada kategori tinggi
untuk siklus kedua. Peningkatan tersebut dicapai karena ada contoh, ada pengayaan, ada latihan, dan
ada umpan balik.