Show simple item record

dc.contributor.advisorBASKORO, Singgih
dc.contributor.advisorSUPRIADI, Bambang
dc.contributor.author'IZZAH, Dewi Rohmatul
dc.contributor.authorSUPRIADI, Bambang
dc.date.accessioned2020-06-19T05:54:00Z
dc.date.available2020-06-19T05:54:00Z
dc.date.issued2019-11-27
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99273
dc.description.abstractPendidikan adalah usaha sadar dan terencana yang bertujuan untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya secara aktif untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. Mata pelajaran fisika adalah Salah satu mata pelajaran di sekolah yang seringkali dianggap sulit oleh siswa. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran fisika di SMAN 3 Jember, diketahui bahwa sekolah telah menerapkan kurikulum 2013 dalam pembelajaran. Pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yaitu pembelajran dimana guru hanya sebagai fasilitator dan siswa yang lebih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi kelas secara acak di SMA Negeri 3 Jember, 90% siswa mengatakan bahwa mata pelajaran fisika merupakan mata pelajaran yang sulit dipelajari. Siswa kesulitan untuk menentukan konsep apa yang seharusnya dipakai dalam mengerjakan suatu soal. Sehingga ketika disediakan soal dalam bentuk yang lain, siswa merasa kebingungan dengan konsep yang harus dipakai untuk menyelesaikan soal tersebut. Selain itu, siswa masih kurang memahami tentang penerapan ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari. Hal inilah yang membuat siswa merasa bosan dan tidak tertarik untuk mempelajari ilmu fisika. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan inovasi dalam penyusunan perangkat pembelajaran, salah satunya dengan mengembangkan modul berbasis problem based learning disertai concept mapping pada pembelajaran fisika pokok bahasan alat optiken_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectConcept Mappingen_US
dc.subjectAlat Optiken_US
dc.titlePengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Disertai Concept Mapping pada Materi Alat Optik di SMAen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPENDIDIKAN FISIKA


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record