• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Disertai Concept Mapping pada Materi Alat Optik di SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Dewi Rohmatul 'Izzati-150210102062-CHNS-U.pdf (4.061Mb)
    Date
    2019-11-27
    Author
    'IZZAH, Dewi Rohmatul
    SUPRIADI, Bambang
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana yang bertujuan untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya secara aktif untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. Mata pelajaran fisika adalah Salah satu mata pelajaran di sekolah yang seringkali dianggap sulit oleh siswa. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran fisika di SMAN 3 Jember, diketahui bahwa sekolah telah menerapkan kurikulum 2013 dalam pembelajaran. Pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yaitu pembelajran dimana guru hanya sebagai fasilitator dan siswa yang lebih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi kelas secara acak di SMA Negeri 3 Jember, 90% siswa mengatakan bahwa mata pelajaran fisika merupakan mata pelajaran yang sulit dipelajari. Siswa kesulitan untuk menentukan konsep apa yang seharusnya dipakai dalam mengerjakan suatu soal. Sehingga ketika disediakan soal dalam bentuk yang lain, siswa merasa kebingungan dengan konsep yang harus dipakai untuk menyelesaikan soal tersebut. Selain itu, siswa masih kurang memahami tentang penerapan ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari. Hal inilah yang membuat siswa merasa bosan dan tidak tertarik untuk mempelajari ilmu fisika. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan inovasi dalam penyusunan perangkat pembelajaran, salah satunya dengan mengembangkan modul berbasis problem based learning disertai concept mapping pada pembelajaran fisika pokok bahasan alat optik
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99273
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository