Show simple item record

dc.contributor.authorYayan Surya Dharma Suwara
dc.date.accessioned2013-12-18T04:09:56Z
dc.date.available2013-12-18T04:09:56Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9873
dc.description.abstractPembelajaran IPA di SD pada umumnya masih menggunakan model pembelajaran konvensional, yaitu suatu model pembelajaran yang menitikberatkan pada guru sebagai subyek yang aktif dalam pembelajaran sedangkan siswa hanya sebagai pendengar materi saja (pasif). Berdasarkan hasil observasi di SDN Kaliwining 01 Rambipuji Jember ditemukan bahwa dalam pembelajaran IPA di kelas IV, guru masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas kepada siswa. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kebosanan sehingga pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan tergolong rendah. Pembelajaran IPA dengan metode penemuan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa karena siswa membangun pengetahuannya sendiri melalui kegiatan penemuan yang dilakukan siswa sendiri sehingga siswa lebih mudah memahami konsep dari materi yang dipelajari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kaliwining 01 Jember melalui penerapan metode pembelajaran penemuan pokok bahasan panca indera manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kaliwining 01 Jember melalui penerapan metode pembelajaran penemuan pokok bahasan panca indera manusia. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kaliwining 01 Jember yang berjumlah 46 siswa yang terdiri atas 28 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara, vii dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2012 sampai dengan 6 Desember 2012 sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdapat satu kali pertemuan dengan menerapkan metode penemuan dalam pembelajaran IPA. Pelaksanaan pembelajaran IPA pokok bahasan panca indera manusia dengan metode penemuan di kelas IV SDN Kaliwining 01 Jember berjalan sesuai dengan rencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penemuan yang diterapkan dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I secara klasikal mencapai 63,16% dengan kategori aktif dan pada siklus II secara klasikal mencapai 70,77% dengan kategori aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 7,61%. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata 70,2 dan meningkat pada siklus II mencapai rata-rata 80,2. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 10,0. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode penemuan dalam pembelajaran IPA pokok bahasa panca indera manusia di kelas IV SDN Kaliwining 01 Jember dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode penemuan dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries90210204060;
dc.subjectMETODE PENEMUAN DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PANCA INDERA MANUSIAen_US
dc.titlePENERAPAN METODE PENEMUAN DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PANCA INDERA MANUSIA DI KELAS IV SD NEGERI KALIWINING 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record