PENERAPAN REMEDIAL TEACHING UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII A di MTs. Al Amin Gumelar Balung Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pajak Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011)
Abstract
Penelitian   ini  merupakan   penelitian   tindakan   kelas   yang   bertujuan   untuk 
mencapai ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan Remedial Teaching dalam 
pembelajaran ekonomi sub pokok bahasan pajak pada siswa kelas VIII A semester 
ganjil di MTs. Al Amin Gumelar Balung Jember tahun ajaran 2010/2011. Populasi 
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang belum tuntas belajarnya yang 
berjumlah 22 siswa. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan mulai tanggal 28 Agustus 
2010 sampai 02 Oktober 2010. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah 
metode tes, metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Metode 
analisis   data   yang   digunakan   adalah   deskriptif   kualitatif   yaitu   menggambarkan 
keadaan-keadaan yang ada di lapangan disertai dengan fakta-fakta yang diolah. Data 
yang dikumpulkan berupa  (1) hasil tes pendahuluan; (2) hasil tes siklus I; (3) hasil 
tes siklus II. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa sebelum dilaksanakan 
Remedial   Teaching   ketuntasan belajar siswa kelas VIII A sebesar 55%. Setelah 
diadakan Remedial Teaching dengan teknik mengajarkan kembali bahan yang sama 
dengan menggunakan metode ekspositori pada siklus I siswa yang telah mencapai 
ketuntasan belajar sebesar 70% belum mencapai ketuntasan belajar, sehingga perlu 
diadakan siklus II. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 
92,5%. Dapat disimpulkan bahwa siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar 
sebanyak 37 siswa, dan 3 siswa yang masih belum mencapai ketuntasan belajar. Oleh 
karena itu, Remedial Teaching dapat digunakan oleh guru untuk mencapai ketuntasan
belajar siswa.
