• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA KPK DAN FPB DI KELAS V SDN KENCONG 05 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (149.0Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    UMI SYAHROZAD
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian diperoleh dari penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB. Melalui penerapan pendekatan kontekstual, kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB meningkat. Keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB juga meningkat yaitu siswa mampu menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB dalam waktu yang lebih cepat dari sebelumnya dan dalam menyelesaikan siswa menuliskan apa yang diketahui, ditanya, jawaban dan kesimpulan. Kemampuan siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual adalah meningkat, tingkat ketuntasan siswa pada siklus I mencapai 74,19%. Pada siklus II meningkat menjadi 83,87%. Peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II menunjukkan bahwa secara klasikal penerapan pendekatan kontekstual berhasil membuat siswa aktif selama pembelajaran berlangsung.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9809
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15431]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository