• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN KENAMPAKAN ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN PEJARAKAN 02 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (240.3Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Ulfatun Ainiyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran Metode Diskusi Kelompok dengan Media Gambar mata pelajaran IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pejarakan 02 Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Pejarakan 02Kecamatan Randuagung, dimulai pada tanggal 18 Agustus 2011 sampai tanggal 10 September 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 22 anak, terdiri dari 14 lakilaki dan 8 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPS, dan dalam memecahkan masalah IPS, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Hasil analisis pada aktivitas siswa selama pembelajaran IPS siklus I memperhatikan pelajaran 72%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 69%, diskusi dalam kelompok 73%, memecahkan soal diskusi 68%, semangat dalam pembelajaran 72%, sampai pembelajaran siklus II mengalami peningkatan, memperhatikan pelajaran 77%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 74%, diskusi dalam kelompok 81%, memecahkan soal diskusi 72%, dan semangat dalam pembelajaran 77%. Hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar kuis pada siklus I secara klasikal sebesar 59.09% dan siklus II secara klasikal sebesar 82%. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar melalui pembelajaran metode diskusi kelompok dengan media gamabar mata pelajaran IPS. Dari hasil penelitian, bila penerapan metode diskusi dan media gambar diterapkan dalam pembelajaran IPS,maka guru hendaknya lebih memperhatikan pengelolaan kelas dan menguasai materi- materi yang disampaikan agar kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9792
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository