Show simple item record

dc.contributor.advisorSusanto
dc.contributor.advisorFatahillah, Arif
dc.contributor.authorFajri, Elies Dwi Rahmaniah
dc.date.accessioned2020-04-02T21:26:18Z
dc.date.available2020-04-02T21:26:18Z
dc.date.issued1997-04-27
dc.identifier.nim150210101018
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97646
dc.description.abstractPerkembangan teknologi memasuki revousi industri keempat yang dikenal dengan revolusi industri 4.0. Revolusi industri keempat dimulai dengan revolusi internet pada tahun 90-an yang ditandai dengan kemunculan internet of thing dimana segala sesuatu berbasis digital. GeoGebra adalah sebuah program dinamis dengan berbagai macam fasilitas yang digunakan untuk mendemonstrasikan atau memvisualisaikan konsep-konsep matematis sebagai media pembelajaran matematika. Keberadaan software GeoGebra dapat membantu pendidik untuk menyampaikan materi matematika yang abstrak menjadi lebih mudah dipahami. Namun, software GeoGebra yang diakses secara online terdapat kekurangan pada pembelajaran interaktif karena tidak ada interaksi antara pendidik dengan peserta didik, sehingga dibutuhkan sebuah e-learning web untuk dapat meningkatkan pembelajaran interaktif yang dapat dikombinasikan dengan GeoGebra Online. Proses pengembangan media pembelajaran menggunakan model pengembangan Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development) dan tahap penyebaran (Dissemination). Penelitian pengembangan (research and development) bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang akan diuji kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Pada tahap pendefinisian dilakukan analisis terhadap masalah yang dihadapi oleh pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran matematika, pemanfaatan media dikalangan peserta didik dan menganalisis media dan tes yang akan dikembangkan, sehingga menciptakan media pembelajaran yang dapat mempermudah proses pembelajaran dan menciptakan pembelajaran yang aktif serta menyenangkan. Pada tahap perancangan dilakukakan kegiatan untuk merancang media pembelajaran yang sesuai dengan analisis permasalahan dasar di SMA Muhammadiyah 3 Jember, sehingga perancangan media pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan di sekolah. Media pembelajaran yang digunakan yaitu Google Classroom dan software GeoGebra. Validasi media pembelajaran menggunakan Google Classroom berbantuan software GeoGebra didapatkan nilai rata–rata total sebesar 0,92 atau 92%. Nilai tersebut pada tabel kategori interpretasi koefisien validitas menunjukkan dalam kategori interpretasi sangat tinggi, sehingga media pembelajaran ini dinyatakan valid menurut validator dan layak diuji cobakan ke sekolah tempat penelitian yaitu kepada siswa-siswi kelas X MIPA 2 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Hasil pelaksanaan uji coba ini menunjukkan bahwa nilai tes hasil belajar peserta didik yang mendapat nilai ≥ 75 adalah sebanyak 19 dari 23 peserta didik. Jika dipersentasekan jumlah peserta didik yang mendapatkan nilai lebih besar atau sama dengan KKM adalah 82,61%. Hasil persentase tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran menggunakan Google Classroom berbantuan software GeoGebra adalah efektif karena ≥ 80% peserta didik mendapatkan nilai lebih besar atau sama dengan KKM. Sedangkan, persentase angket respon pengguna terhadap media pembelajaran bernilai 91,75%. Hasil persentase tersebut menunjukan bahwa peserta didik memberi respon positif terhadap media pembelajaran menggunakan Google Classroom berbantuan software GeoGebra adalah praktis. Pada tahap penyebaran dilakukan penyebaran media pembelajaran di SMA Muhammadiyah 3 Jember dan media sosial. Penyebaran media pembelajaran di sekolah uji coba berupa rancangan media pembelajaran software GeoGebra pada materi fungsi kuadrat dan buku panduan. Selain itu, penyebaran dilakukan melalui media sosial yaitu Blog dan Facebook. Penelitian pengembangan media pembelajaran ini menghasilkan media pembelajaran interaktif online menggunakan Google Classroom berbantuan software GeoGebra pada materi fungsi kuadrat yang memenuhi ketiga kriteria yaitu valid, praktis dan efektif. Sehingga, media pembelajaran ini layak digunakan sebagai media pembelajaranen_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectMedia Pembelajaran Interaktif Onlineen_US
dc.subjectGoogle Classroomen_US
dc.subjectSoftware GeoGebraen_US
dc.subjectFungsi Kuadraten_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Menggunakan Google Classroom Berbantuan Software GeoGebra Pada Materi Fungsi Kuadraten_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record