Show simple item record

dc.contributor.authorIlhami, Ridlo Cahya
dc.contributor.authorPurwandari, Retno
dc.contributor.authorAfandi, Alfid Tri
dc.date.accessioned2020-01-07T06:34:12Z
dc.date.available2020-01-07T06:34:12Z
dc.date.issued2019-09-01
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/96955
dc.description.abstractProses belajar di perguruan tinggi harus diselenggarakan dengan prinsip berpusat kepada mahasiswa (Student Centered Learning). Penerapan Student Centered Learning (SCL) memiliki beberapa indikator yang bisa berpengaruh dalam penerapan SCL. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi gambaran penerapan model pembelajaran SCL di Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif eksploratif dengan teknik purposive sampling pada 26 dosen dan teknik stratified sampling pada 260 mahasiswa. Hasil menunjukkan penerapan SCL pada dosen mencapai 81,7% (dari nilai maksimal 33 dan penerapan SCL pada mahasiswa mencapai 80,19% (dari nilai maksimal 36). Hal ini memperlihatkan penerapan SCL dari segi mahasiswa dan dosen memiliki persentase ketercapaian yang baik. Nilai terendah pada dosen yaitu kondisi kelas (68,4%) dan nilai terendah pada mahasiswa yaitu bahan ajar (71%). Fasilitas yang kurang maksimal bisa berdampak terganggunya proses belajar menggunakan SCL sehingga mahasiswa dan dosen tidak memperoleh hasil yang maksimal. Institusi diharapkan dapat memperbarui koleksi buju yang dimiliki dan kondisi kelas dapat lebih dioptimalkan dengan mengurangi mumlah mahasiswa menjadi 25 mahasiswa di tiap kelas.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherDunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan, Vol. 7, No. 2, September 2019en_US
dc.subjectStudent Centered Learningen_US
dc.subjectmahasiswaen_US
dc.subjectdosenen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Student Centered Learning (SCL) di Fakultas Keperawatan Universitas Jemberen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI2310101#Ilmu Keperawatan
dc.identifier.nidnNIDN0014038203
dc.identifier.nidnNIDN0028039002


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record