Penerapan Model Pembelajaran Student Centered Learning (SCL) di Fakultas Keperawatan Universitas Jember
Date
2019-09-01Author
Ilhami, Ridlo Cahya
Purwandari, Retno
Afandi, Alfid Tri
Metadata
Show full item recordAbstract
Proses belajar di perguruan tinggi harus diselenggarakan dengan prinsip berpusat kepada mahasiswa (Student
Centered Learning). Penerapan Student Centered Learning (SCL) memiliki beberapa indikator yang bisa
berpengaruh dalam penerapan SCL. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi gambaran penerapan model
pembelajaran SCL di Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif
eksploratif dengan teknik purposive sampling pada 26 dosen dan teknik stratified sampling pada 260 mahasiswa.
Hasil menunjukkan penerapan SCL pada dosen mencapai 81,7% (dari nilai maksimal 33 dan penerapan SCL
pada mahasiswa mencapai 80,19% (dari nilai maksimal 36). Hal ini memperlihatkan penerapan SCL dari segi
mahasiswa dan dosen memiliki persentase ketercapaian yang baik. Nilai terendah pada dosen yaitu kondisi kelas
(68,4%) dan nilai terendah pada mahasiswa yaitu bahan ajar (71%). Fasilitas yang kurang maksimal bisa
berdampak terganggunya proses belajar menggunakan SCL sehingga mahasiswa dan dosen tidak memperoleh
hasil yang maksimal. Institusi diharapkan dapat memperbarui koleksi buju yang dimiliki dan kondisi kelas dapat
lebih dioptimalkan dengan mengurangi mumlah mahasiswa menjadi 25 mahasiswa di tiap kelas.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]