SISTEM OPERASIONAL KERJA FRONT OFFICE DEPARTMENT DALAM PELAYANAN TAMU DI HOTEL IJEN VIEW KABUPATEN BONDOWOSO
Abstract
Tujuan utama praktek kerja nyata ini adalah untuk mengetahui tentang
sistem operasional Front Office yang diterapkan dan dijalankan di hotel
khususnya Hotel Ijen View yang terletak di Kabupaten Bondowoso. Tujuan yang
lain juga disertakan dalam upaya menciptakan kesan pertama yang baik dalam
melayani segala sesuatu yang dibutuhkan oleh tamu hotel yang berkunjung serta
mampu memberikan kenyamanan dan kepuasan atas apa yang diberikan Hotel
Ijen View Bondowoso dalam hal melayani tamu hotel baik domestik maupun
mancanegara.
Sistem operasional Front Office Department yang digunakan oleh Hotel
Ijen View Bondowoso yaitu sistem operasional secara otomatis dimana semua
pendataan mulai dari tamu check in sampai dengan check out sudah dilakukan
secara otomatis oleh setiap bagian Front Office dengan menggunakan computer
yang tersedia di Hotel Ijen View Bondowoso.
Berbagai fasilitas pendukung telah dimiliki oleh Hotel Ijen View
Bondowoso diantaranya; Javanoa Resto & bar, Pujasera Cafe, View 21 Ballroom,
Partisi Room, Arcades, Free Internet, Room Service, Paradiso Swimming Pool,
Paradiso Plaza Garden, Laundry, dan View 21 Terrace. Seluruh fasilitas ini
sangat menarik dan memiliki kualitas yang tinggi serta menjadi andalan bagi
Hotel Ijen View Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan analisis SWOT agar bisa mengetahui
Kekuatan (Strength), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunity) dan
Ancaman (Threat) untuk mengahadapi persaingan antara hotel lain yang
khususnya ada di Kabupaten Bondowoso. Analisis SWOT akan membantu untuk
melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat. Metode analisis SWOT bisa
dianggap sebagai metode analisa yang paling dasar dan berguna untuk melihat
suatu topic atau permasalahan dari empat sisi yang berbeda.
Collections
- DP-Travel Agent [250]