• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DI SDN MANGLIWETAN 1 BONDOWOSO

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Qurratu Aini - 090210204049_1.pdf (517.6Kb)
    Qurratu Aini - 090210204049_1.pdf (517.6Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Qurratu Aini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu tujuan pembelajaran IPS adalah untuk menjadikan siswa mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan sosial. Untuk mencapai tujuan pembelajaran IPS di atas, maka guru perlu mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menanggapi masalah-masalah sosial yang terjadi di daerahnya. Berdasarkan kenyataan yang terjadi di lapangan, guru masih kurang meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari persentase kemampuan berpikir secara klasikal yang dilihat dari data nilai ujian tengah semester (UTS) di SDN Mangliwetan 1 masih rendah yaitu sebesar 61,31%. Selain itu berdasarkan hasil observasi terlihat proses pembelajaran guru kurang inovatif, karena guru terbiasa menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas di buku LKS untuk mengevaluasi siswanya. Sehingga pembelajaran hanya berlangsung satu arah. Sedangkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti terhadap siswa diperoleh hasil bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 35,26% dengan kategori tidak kritis. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru dan siswa, diperoleh informasi bahwa guru menganggap IPS merupakan mata pelajaran yang sulit untuk diajarkan dan bersifat hafalan. Sedangkan hasil wawancara kepada siswa, diperoleh informasi bahwa sebagian besar anak kelas IV SDN Mangliwetan 1 tidak menyukai pelajaran IPS, karena dirasa sulit dan membosankan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV dalam penerapan metode problem solving viii dengan media video dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial di SDN Mangliwetan 1 Bondowoso tahun pelajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah: “Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV melalui metode problem solving dengan media video dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial di SDN Mangliwetan 1 Bondowoso tahun pelajaran 2012/2013”. Penelitian ini dilakukan di SDN Mangliwetan 1 Tapen Bondowoso, Subjek penelitian yaitu kelas IV tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 26 orang yang terdiri atas siswa laki-laki sebanyak 10 orang dan siswa perempuan sebanyak 16 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis dari persentase kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal diperoleh hasil bahwa pada siklus I diketahui persentase kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal mencapai 69, 31%. Sedangkan pada siklus II mencapai 75,27%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Mangliwetan 1 mengalami peningkatan dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar 8,00% dan siklus I ke siklus II sebesar 5,96%. Saran yang diharapkan dari kegiatan penelitian ini, yaitu bagi siswa, ilmu yang diterima hendaknya dijadikan pengalaman belajar yang dapat meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan sosial; bagi guru Sekolah Dasar khususnya yang memiliki permasalahan sama mengenai rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, penerapan metode problem solving dengan media video hendaknya dapat dijadikan sebagai bahan alternatif dalam pembelajaran IPS; dan bagi peneliti lain, penelitian ini hendaknya dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengadakan penelitian yang sejenis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9610
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail