• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SUGESTIF MELALUI PENERAPAN PAIKEM DENGAN MEDIA GAMBAR KOMIK PADA SISWA KELAS IV SDN WIROLEGI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Qaadli Al A’la - 090210204107_1.pdf (101.7Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Qaadli Al A’la
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan tuntutan kurikulum sekolah dasar, siswa kelas IV diberi pembelajaran menulis. Kompetensi inti dari menulis adalah menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis. Kompetensi inti tersebut disederhanakan dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar. Standar kompetensi untuk pembelajaran menulis adalah mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman, dan pantun anak. Kompetensi dasarnya ialah menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan Berdasarkan hasil observasi di SDN Wirolegi 01 terdapat beberapa permasalahan dalam pembelajaran menulis karangan. Permasalahan inti yang dijumpai adalah siswa kurang diberi kebebasan dalam memunculkan ide atau gagasan lain untuk menyusun karangan secara kronologis. Pada akhirnya kemampuan menulis siswa rendah. Penyelesaian yang diambil adalah memunculkan pembelajaran dengan menerapkan cara dan media yang sesuai perkembangan siswa seperti media gambar komik untuk mengembangkan daya imajinasi serta kreativitas dalam menulis karangan. Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah: viii Tujuan yang dicapai adalah: Penerapan PAIKEM dengan media gambar komik dilakukan dengan mengobservasi berkonsultasi pada guru kelas untuk memperbaiki pembelajaran prasiklus dengan melengkapi perangkat pembelajaran dan menciptakan pembelajaran yang kondusif. Pembelajaran siklus I belum mencapai ketuntasan belajar. Untuk mengatasi hal tersebut, pembelajaran siklus II dilakukan dengan memberi siswa kebebasan untuk mengarang sesuai kreatifitas secara individu berdasarkan komik ”Petualangan Si Kancil” minimal 2 paragraf. Peningkatan keterampilan menulis narasi sugestif pada siswa kelas IV SDN Wirolegi 01 Jember terlihat dari hasil belajarnya. Rata-rata nilai siswa pada pembelajaran prasiklus sebesar 64,92, sedangkan pada siklus I sebesar 63,5 tetapi persentase ketuntasan siswa pada prasiklus dan siklus I sama yakni sebesar 61,5% atau 16 anak sedangkan yang belum tuntas sebesar 38,5% atau 10 anak. Setelah siklus II, kriteria ketuntasan siswa meningkat secara klasikal Saran yang dapat peneliti sampaikan bagi guru kelas dan peneliti lain, dalam pembelajaran menulis narasi sugestif hendaknya menerapkan PAIKEM dengan media gambar komik ataupun strategi dan media lain untuk membangkitkan motivasi belajar siswa sehingga kemampuan menulisnya mengalami peningkatan
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9599
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository