Show simple item record

dc.contributor.authorPUPUT LISTINENGWATI
dc.date.accessioned2013-12-17T07:52:54Z
dc.date.available2013-12-17T07:52:54Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM080210204247
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9530
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model SEQIP berbasis cooperative learning pada siswa kelas VI semster ganjil tahun ajaran 2011/2012 pokok bahasan konduktor dan isolator panas di SDN Kertosari 01 Jember (2) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model SEQIP berbasis cooperative learning pada siswa kelas VI semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 pokok bahasan konduktor dan isolator panas SDN Kertosari 01 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Kertosari 01 Jember tahun ajaran 2011/2012. Data diambil pada tanggal 18 Juli sampai 22 Agustus 2011 dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) penggunaan model SEQIP berbasis cooperative laerning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VI SDN Kertosari 01 Jember pada mata pelajaran IPA. Aktivitas siswa pada siklus 1 pertemuan pertama sebesar 59,19% dan pada pertemuan kedua sebesar 66,67%. Berdasarkan data di atas aktivitas belajar siswa pada siklus 1 meningkat sebesar 7,48%. Pada siklus 2 aktivitas siswa sebesar 87,58%. Dari aktivitas siswa pada siklus 1 kesiklus 2 mengalami peningkatan sebesar 20,91%. (2) Hasil belajar siswa sebelum tindakan belum dikatakan tuntas karena dari 29 siswa hanya 13 siswa yang tuntas (44,83%) sementara 16 siswa dinyatakan belum tuntas (55,17%). Hasil belajar siswa pada siklus 1 yang dinyatakan tuntas sebanyak 24 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 5 siswa dengan prosentase ketuntasan sebesar (82,76%). Pada pembelajaran siklus 2 siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 27 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa dengan prosentase ketuntasan sebesar (93,10%). Berdasarkan data hasil belajar pada siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 10,34%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204247;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Model SEQIP, Cooperative Learningen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL SEQIP BERBASIS COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS VI SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2011/2012 POKOK BAHASAN KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS SDN KERTOSARI 01 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record