MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SDN SUMBERPAKEM 2 BONDOWOSO
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan
menulis karangan deskripsi dengan menggunakan sumber belajar lingkungan pada siswa
kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso, 2) meningkatkan aktivitas siswa pada
kegiatan menulis karangan deskripsi ketika menggunakan lingkungan sebagai sumber
belajar pada siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso, 3) meningkatkan
kemampuan menulis karangan deskripsi setelah menggunakan sumber belajar lingkungan
pada siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam
penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso yang berjumlah 20
siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yaitu berdasarkan analisis terhadap aktivitas siswa, diketahui
bahwa pada siklus I persentase aktivitas klasikal mencapai 70% dengan kategori sangat
aktif dan aktif, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas klasikal mencapai 90%
dengan kategori sangat aktif dan aktif. Selain itu, kemampuan siswa dalam menulis
karangan deskripsi juga mengalami peningkatan yaitu karangan siswa sebagian besar
sudah memiliki judul yang tepat dan karangan yang dihasilkan telah mencerminkan
karangan deskripsi yang memberikan informasi secara jelas kepada pembaca. Persentase
hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65% dengan rata-rata nilai 64, sedangkan pada
siklus II persentase hasil belajar siswa sebesar 85% dengan rata-rata nilai 71,3.