Show simple item record

dc.contributor.authorKristina Kumalasari
dc.date.accessioned2013-12-17T06:42:43Z
dc.date.available2013-12-17T06:42:43Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM080210204232
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9490
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di SDN 2 Tembokrejo mulai tanggal 10 Maret 2011 sampai 26 Maret 2011 dengan subjek penelitiannya adalah semua siswa kelas VA dan VB SDN 2 Tembokrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Ekperimental dengan menggunakan metode pengumpulan data antara lain tes, observasi, dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data digunakan: Uji ttes untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara yang menggunakan media manipulatif dan yang menggunkan media gambar; ketuntasan hasil belajar siswa digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar pada kelas yang menggunakan media manipiulatif dan kelas yang menggunakan media gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ttes yang diperoleh sebesar thiting = 5,978 sedang ttabel = 1.99867, sehingga thitung > ttabel maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA menggunakan media manipulatif dan media gambar di SDN 2 Tembokrejo. Pada ketuntasan belajar siswa selama mengikuti pembelajaran IPA dengan menggunakan media manipulatif sebesar 84,8% sedangkan ketuntasan belajar siswa selama mengikuti pembelajaran IPA dengan menggunakan media gambar sebesar 78,7%. Berdasarkan hasil belajar siswa tersebut di atas, maka dapat diartikan bahwa penelitian menggunakan media manipulatif lebih bagus dalam meningkatkan hasil belajar siswa karena hasil belajar siswa terbilang sangat tuntas. Kesimpulan pada penelitian ini adalah: 1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan media manipulatif dengan hasil belajar yang menggunakan media gambar; 2) Ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan media manipulatif sebesar 84,8% dengan rata-rata nilai 74,81 dimana 5 siswa tidak tuntas secara perorangan; 3) Ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar sebesar 78,7% dengan rata-rata nilai 68,15 dimana 7 siswa tidak tuntas .en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204232;
dc.subjectMEDIA MANIPULATIF DAN MEDIA GAMBAR, PELAJARAN IPAen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA”en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record