Show simple item record

dc.contributor.authorKristina Dianing Prastiwi
dc.date.accessioned2013-12-17T06:38:50Z
dc.date.available2013-12-17T06:38:50Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM080210204306
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9487
dc.description.abstractHasil penelitian menunjukkan dengan penggunaan metode role playing aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal sebelum tindakan mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II. Sebelum tindakan, aktivitas belajar siswa sebesar 52% meningkat pada siklus I sebesar 68% tetapi hasil tersebut masih belum memenuhi target kriteria sebesar ≥ 75% sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II aktivitas belajar meningkat menjadi 86%. Hasil belajar sebelum tindakan sebesar 63%, pada siklus I meningkat sebesar 66% namun hasil tersebut juga belum mencapai target ketuntasan yang diinginkan sebesar ≥ 75% sehingga dilanjutkan pada siklus berikutnya. Pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 77%. Hasil yang diperoleh pada siklus II, baik itu aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan sudah mencapai target yang diinginkan sehingga penelitian ini berhenti pada siklus II. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS materi pokok kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV SDN Dawuhan Wetan 04 Lumajang, dengan aktivitas hasil belajar siswa termasuk kriteria aktif dan hasil belajar siswa termasuk kriteria tuntas; 2) metode role playing dapat meningkatkan aktivitas guru dalam mengajar IPS materi pokok kegiatan ekonomi kelas IV SDN Dawuhan Wetan 04 Lumajang. Pada siklus I guru melaksanakan 7 aspek langkah-langkah role playing, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 8 aspek, sehingga diperoleh kriteria efektifitas penerapan metode dalam kategori efektif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204306;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar IPS, Metode Role Playingen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI POKOK KEGIATAN EKONOMI MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV SDN DAWUHAN WETAN 04 LUMAJANG TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record