Show simple item record

dc.contributor.authorIrawati
dc.date.accessioned2013-12-17T06:23:07Z
dc.date.available2013-12-17T06:23:07Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM080210204321
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9483
dc.description.abstractTujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VI SDN 04 Kaligondo Genteng Banyuwangi dalam pembelajaran IPA melalui metode Buzz Group dengan media kokami. 2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 04 Kaligondo Genteng Banyuwangi melalui metode Buzz Group dengan media kokami. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan menfaat bagi guru, siswa, sekolah dan peneliti. Penelitian ini dilakukan di SDN 04 Kaligondo kelas VI yang berjumlah 41 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dengan 2 siklus, dengan menggunakan empat tahap dalam setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan menggunakan analisis data. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan beberapa cara yaitu melalui wawancara, observasi, tes dan juga dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) penggunaan metode buzz group dengan media kokami dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VI SDN 04 Kaligondo pada mata pelajaran IPA. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang aktif dari 18 siswa (43,91%) pada siklus I menjadi 36 siswa (87,81%) pada siklus II. (2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada ketuntasan klasikal pada pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada siklus I dari 41 siswa terdapat 28 siswa yang tuntas dengan persentase 68,29% dan pada siklus II dari 28 siswa yang tuntas meningkat menjadi 33 siswa dengan persentase 80,49%. Dari penelitian ini saran yang dapat diberikan adalah, guru hendaknya membiasakan siswa belajar secara berkelompok agar siswa terbiasa untuk bekerja sama dengan siswa lain, siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan suatu bimbingan secara individu agar siswa lebih memahami materi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204321;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Metode Buzz Group, Media Kokamien_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE BUZZ GROUP DENGAN MEDIA KOKAMI PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VI SDN 04 KALIGONDO GENTENG BANYUWANGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record