Gambaran Persepsi Pasien Terhadap Bauran Pemasaran Unitrawat Jalan Rumah Sakit Paru Jember Tahun 2017
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif.Unit analisis yang digunakan oleh peneliti adalah Rumah Sakit Paru
Jember. Responden pada penelitian ini adalah Pasien umum rawat jalan triwulan
IV tahun 2017 di poli Hyperbaric, Asma dan PPOK, Infeksi Paru dan Poli TB
yang sedang melakukan pengobatan di saat penelitian berlangsung. Jumlah
populasi penelitian yang diambil sebanyak 6440 pasien.Sampel dalam penelitian
ini adalah pasien rawat jalan di Rumah Sakit Paru Jember.Metode pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan observasi.Analisis data yang
digunakan adalah distribusi frekuensi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden
memiliki persepsi yang sangat baik terhadap produk RS.Sakit Paru Jember
sebesar 91.6%.Sebagian besar responden memiliki persepsi yang sangat baik
terhadap harga pelayanan RS.Sakit Paru Jember sebesar 75.8%.Sebagian besar
responden memiliki persepsi yang sangat baik terhadap promosi RS.Sakit Paru
Jember sebesar 77.9%.Sebagian besar responden memiliki persepsi yang sangat
baik terhadap tempat pelayanan RS.Sakit Paru Jember sebesar 69.5%.Sebagian
besar responden memiliki persepsi yang sangat baik terhadap orang atau sumber
daya manusia RS.Sakit Paru Jember sebesar 63.2%. Sebagian besar responden
memiliki persepsi yang baik terhadap proses RS. Sakit Paru Jember sebesar
66.3%.Sebagian besar responden memiliki persepsi yang baik terhadap bukti fisik
RS.Sakit Paru Jember sebesar 53.8%.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dipahami bahwa persepsi pasien
terhadap bauran pemasaran di RS.Paru Jember memiliki banyak kesesuaian
dengan informasi yang dimiliki pasien.Keadaan ini menimbulkan persepsi yang
baik terhadap bauran pemasaran di RS. Paru Jember. Peneliti menyarankan RS
Paru Jember meningkatkan kelengkapan sarana fisik dalam pelayanan seperti
kursi tunggu, dan fasilitas pendukung lainnya.
Collections
- UT-Faculty of Public Health [2227]