Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Menggunakan Schoology Berbantuan Web Desmos Materi Grafik Fungsi Kuadrat
Abstract
Pelaksanaan uji coba penelitian dilakukan di kelas XI IPA 3 SMAN Jenggawah.
Pertemuan pertama pada hari Jumat, 01 Februari 2019, aktivitas yang dilakukan yaitu
mengenalkan media pembelajaran interaktif online menggunakan Schoology
berbantuan web Desmos materi grafik fungsi kuadrat. Syarat untuk masuk ke kelas
pembelajaran online yaitu memiliki akun Schoology, dimana siswa harus memiliki
email dan kode akses kelas pembelajaran online. Pelaksanaan pada hari pertama yaitu
di ruang kelas dengan memanfaatkan smartphone yang dimiliki siswa, karena pada saat
penelitian pertama jadwal penggunaan Laboratorium Komputer di SMAN Jenggawah
bertepatan dengan try out UNBK.
Pertemuan kedua pada hari Kamis, 07 Februari 2019, aktivitas yang dilakukan
yaitu pelaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif online
Schoology berbantuan web Desmos. Pembelajaran kedua dilakukan di Laboratorium
Komputer, siswa terlihat senang dan antusias mengikuti pembelajaran menggunakan
media pembelajaran online. Setelah selesai proses pembelajaran, dilanjutkan dengan
pemberian tes hasil belajar siswa. Tes hasil belajar dilaksanakan secara online melalui
media Schoology dengan waktu pengerjaan selama 50 menit. Setelah siswa selesai
mengerjakan tes hasil belajar, dilanjutkan dengan pengisisan angket respon pengguna
media.
Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan, didapatkan hasil analisis angket
respon pengguna media dengan nilai presentase respon angket terhadap media
pembelajaran yaitu 83,5% termasuk kategori “Sangat Baik”. Sedangkan presentase
ketuntasan hasil belajar siswa yang memperoleh nilai di atas KKM yaitu sebesar
81,82% dari 33 siswa. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka dapat diperoleh
hasil bahwa media pembelajaran interaktif online menggunakan Schoology berbantuan
web Desmos materi grafik fungsi kuadrat telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan
efektif.