• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Menggunakan Schoology Berbantuan Web Desmos Materi Grafik Fungsi Kuadrat

    Thumbnail
    View/Open
    Robiatun Nisyak - 150210101026_.pdf (5.596Mb)
    Date
    2019-04
    Author
    NISYAK, Robiatun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelaksanaan uji coba penelitian dilakukan di kelas XI IPA 3 SMAN Jenggawah. Pertemuan pertama pada hari Jumat, 01 Februari 2019, aktivitas yang dilakukan yaitu mengenalkan media pembelajaran interaktif online menggunakan Schoology berbantuan web Desmos materi grafik fungsi kuadrat. Syarat untuk masuk ke kelas pembelajaran online yaitu memiliki akun Schoology, dimana siswa harus memiliki email dan kode akses kelas pembelajaran online. Pelaksanaan pada hari pertama yaitu di ruang kelas dengan memanfaatkan smartphone yang dimiliki siswa, karena pada saat penelitian pertama jadwal penggunaan Laboratorium Komputer di SMAN Jenggawah bertepatan dengan try out UNBK. Pertemuan kedua pada hari Kamis, 07 Februari 2019, aktivitas yang dilakukan yaitu pelaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif online Schoology berbantuan web Desmos. Pembelajaran kedua dilakukan di Laboratorium Komputer, siswa terlihat senang dan antusias mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran online. Setelah selesai proses pembelajaran, dilanjutkan dengan pemberian tes hasil belajar siswa. Tes hasil belajar dilaksanakan secara online melalui media Schoology dengan waktu pengerjaan selama 50 menit. Setelah siswa selesai mengerjakan tes hasil belajar, dilanjutkan dengan pengisisan angket respon pengguna media. Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan, didapatkan hasil analisis angket respon pengguna media dengan nilai presentase respon angket terhadap media pembelajaran yaitu 83,5% termasuk kategori “Sangat Baik”. Sedangkan presentase ketuntasan hasil belajar siswa yang memperoleh nilai di atas KKM yaitu sebesar 81,82% dari 33 siswa. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka dapat diperoleh hasil bahwa media pembelajaran interaktif online menggunakan Schoology berbantuan web Desmos materi grafik fungsi kuadrat telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94310
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository