Show simple item record

dc.contributor.authorHESTY FEBRIAN WIDYANA
dc.date.accessioned2013-12-17T04:04:06Z
dc.date.available2013-12-17T04:04:06Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM080210204319
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9426
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa baik secara lisan maupun tulisan dengan baik dan benar yang dibuktikan dengan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media berupa gambar peristiwa aktual yang diambil dari media cetak agar siswa dapat berpendapat sekaligus memberikan solusi dari peristiwa tersebut sesuai perspektif siswa SD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu satu kelas di kelas V SDN Mlokorejo 04 Puger sejumlah 23 Siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 11 perempuan. Adapun Informan Peneliti yaitu Guru Kelas V SDN Mlokorejo 04 Puger, Siswa, dan Referensi yang berkaitan dengan penelitian. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar untuk meningkatkan kemampuan mengungkapkan pendapat siswa kelas V SDN Mlokorejo 04 Kecamatan Puger berjalan dengan baik, siswa terlihat lebih antusias dan tertarik dalam mengikuti pelajaran. Media gambar yang menarik dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa. Hal tersebut dapat ditunjukkan pada analisis aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu siswa mengajukan pertanyaan, mengajukan pendapat, memperhatikan penejelasan guru, dan mengerjakan tugas dengan baik dan semangat. Peningkatan aktifitas belajar siswa sampai pada siklus II mencapai 78 % dan tergolong dalam kategori sangat aktif. Penerapan media gambar yang terintegrasikan dalam siskusi kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar pada siklus 1 secara klasikal sebesar 74% (tidak tuntas) dan siklus II secara klasikal sebesar 83% (tuntas).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204319;
dc.subjectKemampuan Mengungkapkan Pendapat, Media Gambar, Bahasa Indonesiaen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN PENDAPAT MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN MLOKOREJO 04 PUGERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record