• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN PENDAPAT MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN MLOKOREJO 04 PUGER

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (590.6Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    HESTY FEBRIAN WIDYANA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa baik secara lisan maupun tulisan dengan baik dan benar yang dibuktikan dengan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media berupa gambar peristiwa aktual yang diambil dari media cetak agar siswa dapat berpendapat sekaligus memberikan solusi dari peristiwa tersebut sesuai perspektif siswa SD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu satu kelas di kelas V SDN Mlokorejo 04 Puger sejumlah 23 Siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 11 perempuan. Adapun Informan Peneliti yaitu Guru Kelas V SDN Mlokorejo 04 Puger, Siswa, dan Referensi yang berkaitan dengan penelitian. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar untuk meningkatkan kemampuan mengungkapkan pendapat siswa kelas V SDN Mlokorejo 04 Kecamatan Puger berjalan dengan baik, siswa terlihat lebih antusias dan tertarik dalam mengikuti pelajaran. Media gambar yang menarik dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa. Hal tersebut dapat ditunjukkan pada analisis aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu siswa mengajukan pertanyaan, mengajukan pendapat, memperhatikan penejelasan guru, dan mengerjakan tugas dengan baik dan semangat. Peningkatan aktifitas belajar siswa sampai pada siklus II mencapai 78 % dan tergolong dalam kategori sangat aktif. Penerapan media gambar yang terintegrasikan dalam siskusi kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar pada siklus 1 secara klasikal sebesar 74% (tidak tuntas) dan siklus II secara klasikal sebesar 83% (tuntas).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9426
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository