dc.description.abstract | 1. Pelaksanaan Kesekretariatan Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Jember
tidak berbeda dengan instansi pemerintah maupun swasta lainnya, yaitu dalam
kegiatan pengelolaan surat masuk dan surat keluar, pengagendaan surat,
pelayanan telepon, tamu, dan lainnya. Hanya dalam sistem pengarsipan dan
penyimpanan berbeda dengan instansi lainnya yang pernah penulis ketahui.
Perbedaan tersebut terletak pada penyimpanan surat tidak menggunakan lemari
arsip dan kode arsip, melainkan menggunakan map arsip yang ditata sesuai
dengan jenis surat masuk pada Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Jember
tersebut.
2. Kegiatan kesekretariatan tersebut dilakukan oleh bidang kesekretariatan di
bagian umum Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Jember yang diantaranya
meliputi pengelolaan surat masuk dan surat keluar, pengagendaan surat, dan
pengarsipan. Dalam kegiatan kesekretariatan tersebut penulis membantu proses
pengagendaan surat masuk dan surat keluar, pengarsipan surat, menerima
telepon serta pengetikan. | en_US |