Show simple item record

dc.contributor.authorDimas Prasetia Siwi
dc.date.accessioned2013-12-17T02:54:54Z
dc.date.available2013-12-17T02:54:54Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM080210204241
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9351
dc.description.abstractHasil analisis aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN Kertosari 01 Jember selama proses pembelajaran melalui metode pembelajaran Learning Together dengan media card sort yaitu sebesar 21,76%. Persentase keaktifan siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II adalah sebesar 63,19 % dan 84,95 % yang termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kertosari Jember selama proses pembelajaran melaui metode pembelajaran Learning Together dengan media card sort sangat signifikan jika dibandingkan dengan hasil belajar sebelum tindakan (prasiklus). Persentase hasil belajar yang diperoleh dari tahap prasiklus sebesar 52,77% menjadi 69,44 % pada siklus I yang menunjukkan peningkatan sebesar 16,67%. Persentase hasil belajar pada siklus II yang diperoleh dengan memperbaiki hasil refleksi dari siklus I adalah sebesar 94,4% yang menunjukkan peningkatan sebesar 24,96%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Learning together dengan card sort dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kertosari 01 Jember tahun pelajaran 2010/2011. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian, bila penerapan metode pembelajaran Learning together dengan media card sort diterapkan dalam pembelajaran IPS, maka guru hendaknya lebih memperhatikan pengelolaan kelas dan menguasai materi-materi yang diberikan agar kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik. Bagi guru, hendaknya lebih aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran, agar siswa tidak merasa bosan, tidak kesulitan dalam memahami materi dan aktif selama pembelajaran. Untuk peneliti lainnya perlu pelaksanaan penelitian lebih lanjut tentang metode pembelajaran Learning together dengan media card sort serta mengkombinasikan dengan metode mengajar lain agar tujuan pembelajaran dapat tercapai lebih optimal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204241;
dc.subjectTeknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi, Media Card Sorten_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi Melalui Metode Learning Together Dengan Media Card Sort Pada Siswa Kelas IV SDN Kertosari 1 Pakusari Jember Tahun Ajaran 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record