Show simple item record

dc.contributor.advisorSUGIARTI, Titik
dc.contributor.advisorOKTAVIANINGTYAS, Ervin
dc.contributor.authorKAFIFAH, Anisa
dc.date.accessioned2019-09-12T08:20:36Z
dc.date.available2019-09-12T08:20:36Z
dc.date.issued2019-09-12
dc.identifier.nim150210101063
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92747
dc.description.abstractKemampuan Literasi Matematika adalah kemampuan individu untuk merumuskan, menerapkan, menafsirkan dan memecahkan permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari menggunakan prinsip, konsep dan fakta yang dimiliki siswa dengan tepat. Berdasarkan survei PISA yang dilaksanakan 3 tahun sekali, rata-rata skor PISA siswa di Indonesia adalah 386 yang berarti masih berada di level 1 dari 6 level yang ada di PISA. Pada pelaksanaan PISA tahun tahun 2003, aljabar dan pengukuran secara signifikan lebih sulit dibanding dengan konten pisa lainnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian mengenai pelevelan kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan kemampuan matematika dalam menyelesaikan soal PISA konten Change and Relationship. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan matematika rendah, sedang dan tinggi dalam menyelesaikan soal PISA konten Change and Relationship ditinjau dari ketercapaian level literasi matematikanya. Instrumen penelitian ini adalah soal tes kemampuan matematika, soal tes kemampuan literasi matematika PISA, pedoman wawancara serta lembar validasi. Keseluruhan instrumen ini telah divalidasi dan dinyatakan valid. Instrumen tes soal PISA mempunyai nilai validasi 2,75, tes soal kemampuan matematika 2,83 dan pedoman wawancara 2,75. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 7 dengan 33 siswa yang terdiri dari 5 siswa berkemampuan matematika rendah, 21 siswa berkemampuan matematika sedang dan 7 siswa berkemampuan matematika tinggi. Pengambilan data dilaksanakan tanggal 6 dan 7 Februari 2019. Dalam penelitian ini, pengambilan subjek dilakukan dengan menganalisis pemenuhan indikator pada setiap level kemampuan literasi matematika yang dicapai siswa. Siswa yang hanya memenuhi sebagian indikator pada setiap level atau siswa yang mampu memenuhi indikator yang tertinggi dicapai akan tetapi tidak dapat memenuhi semua atau sebagian indikator level dibawahnya maka akan dilakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan rendah, sedang dan tinggi memiliki perbedaan jika ditinjau dari ketercapaian literasi matematikanya. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika rendah ada yang tidak memenuhi semua indikator dari level 1 sampai level 6, siswa berkemampuan matematika rendah yang mampu mencapai level literasi yaitu pada level 1 dan level 2. Untuk siswa berkemampuan matematika sedang juga ada yang tidak memenuhi semua indikator dari level 1 sampai level 6, namun siswa berkemampuan matematika sedang lainnya mampu mencapai level 1, level 2, level 3 dan level 4. Siswa berkemampuan matematika tinggi mampu mencapai level 1, level 2 dan level 4.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.subjectLiterasi matematikaen_US
dc.subjectMatematika PISAen_US
dc.titlePelevelan Kemampuan Matematika Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationshipen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record