Show simple item record

dc.contributor.authorFadilla Aini
dc.date.accessioned2013-12-17T01:13:27Z
dc.date.available2013-12-17T01:13:27Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM050910101210
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9268
dc.description.abstractIndonesia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang sedang menghadapi arus persaingan globalisasi. Maka dengan tujuan meningkatkan ekspor demi menadapatkan serta memperkuat cadangan devisa atau meningkatkan daya saing produk dalam negeri di pasar internasional, Indonesia berusaha memenuhi 2 hal yang harus dicapai negara-negara eksportir sebelum memasuki area perdagangan internasional. Hal pertama adalah mengetahui pasar yang tepat bagi produk ekspor yang akan dipasarkan dan yang kedua bagaimana menciptakan strategi memasuki pasar yang tepat. Dalam memenuhi kedua hal tersebut, Indonesia berusaha mendapatkan informasi yang akurat hingga dapat membuat rencana atau kebijakan yang tepat. DGNED merupakan lembaga khusus yang dibentuk oleh pemerintah Indonesia atas dasar kebijakan memenuhi peran penting dalam mengembangkan ekspor nasional yang bekerja dibawah Kementrian Perdagangan. Maka dalam rangka memenuhi peran tersebut, DGNED melakukan observasi yang berkelanjutan dan riset pasar yang merupakan bagian dari aktivitas market intelligence. Melihat keuntungan penerapan market intelligence di bidang perdagangan internasional, pemerintah Indonesia memberikan kewenangan kepada DGNED untuk merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standarisasi teknis di bidang pengembangan ekspor nasional dengan tetap bertanggung jawab kepada Mentri Perdagangan. Sebagai salah satu dari sepuluh negara yang menjadi pasar tradisional ekspor Indonesia, Korea Selatan merupakan salah satu negara yang telah berhasil menjalin hubungan hubungan bilateral yang baik dan menguntungkan bagi Indonesia. Terbukti dengan di tanda tanganinya beberapa deklarasi yang berkembang dengan baik di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi. Yang telah menjadikan Indonesia berada di urutan ke 9 bersama dengan Perancis sebagai negara yang banyak melakukan perjanjian kerjasama dengan Korea Selatan. Serta dalam bidang perdagangan Indonesia berada pada urutan ke 13 sebagai negara tujuan ekspor terbesar bagi Korea Selatan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050910101210;
dc.subjectDirectorate General of National Export Developmenten_US
dc.titlePERAN DGNED (Directorate General of National Export Development) DALAM PENINGKATAN EKSPOR INDONESIA KE KOREA SELATAN (THE ROLE OF DGNED FOR IMPROVING INDONESIA’S EXPORT TO SOUTH KOREA)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record