dc.description.abstract | Pesatnya perkembangan teknologi mempengaruhi cara berkehidupan manusia dalam kesehariannya. Teknologi juga mempengaruhi kegiatan pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Indonesia. Pengaruh ini dapat dilihat dari adanya media pembelajaran berbasis multimedia. Pembelajaran berbasis kurikulum 2013 mengarahkan siswa untuk mempelajari teks untuk cakap pada keterampilan menulis, membaca, menyimak dan berbicara. Selain itu, siswa juga diharapkan mengetahui fungsi sosial teks dimasyarakat. Salah satu teks yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah teks dalam kegiatan negosiasi atau tawar menawar. Penelitian yang dilaksanakan ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan desain pengembangan Four-D (define/pendefinisian, design/perancangan, development/pengembangan, dan deseminate/penyebaran). Data penelitian mencakup data verbal dan data numeral. Data verbal digunakan untuk memperbaiki (revisi) media pembelajaran, sedangkan data numeral akan dihitung dan digunakan untuk menentukan efektifitas media, respon siswa dan guru serta mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian terbagi dalam beberapa bahasan. (1) tampilan media pembelajaran, (2) validasi ahli, (3) angket respon siswa dan guru, (4) hasil belajar siswa. Validasi media kepada ahli pembelajaran mendapatkan presentase 88,8%. Validasi media kepada ahli media pembelajara mendapatkan presentase 91,1%. Validasi media kepada ahli praktisi pembelajaran bahasa Indonesia mendapatkan presentase 95%. Dari ketiga validasi tersebut dinyatakan bahwa media pembelajaran sudah layak atau valid. Respon siswa mendapat presentase total 93,2%. Sedangkan untuk respon guru mendapatkan presentase 95%. Hasil belajar siswa juga mendapatkan presentase yang sangat baik yaitu 86,4 % dan 100%. Dari semua
presentase yang didapatkan untuk media pembelajaran yang dikembangkan, maka, media pembelajaran dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas. | en_US |