• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Teks Negosiasi Berbasis Multimedia Untuk Siswa Kelas X SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Helmi Banurisman - 140210402089_.pdf (6.960Mb)
    Date
    2019-09-03
    Author
    BANURISMAN, Helmi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pesatnya perkembangan teknologi mempengaruhi cara berkehidupan manusia dalam kesehariannya. Teknologi juga mempengaruhi kegiatan pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Indonesia. Pengaruh ini dapat dilihat dari adanya media pembelajaran berbasis multimedia. Pembelajaran berbasis kurikulum 2013 mengarahkan siswa untuk mempelajari teks untuk cakap pada keterampilan menulis, membaca, menyimak dan berbicara. Selain itu, siswa juga diharapkan mengetahui fungsi sosial teks dimasyarakat. Salah satu teks yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah teks dalam kegiatan negosiasi atau tawar menawar. Penelitian yang dilaksanakan ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan desain pengembangan Four-D (define/pendefinisian, design/perancangan, development/pengembangan, dan deseminate/penyebaran). Data penelitian mencakup data verbal dan data numeral. Data verbal digunakan untuk memperbaiki (revisi) media pembelajaran, sedangkan data numeral akan dihitung dan digunakan untuk menentukan efektifitas media, respon siswa dan guru serta mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian terbagi dalam beberapa bahasan. (1) tampilan media pembelajaran, (2) validasi ahli, (3) angket respon siswa dan guru, (4) hasil belajar siswa. Validasi media kepada ahli pembelajaran mendapatkan presentase 88,8%. Validasi media kepada ahli media pembelajara mendapatkan presentase 91,1%. Validasi media kepada ahli praktisi pembelajaran bahasa Indonesia mendapatkan presentase 95%. Dari ketiga validasi tersebut dinyatakan bahwa media pembelajaran sudah layak atau valid. Respon siswa mendapat presentase total 93,2%. Sedangkan untuk respon guru mendapatkan presentase 95%. Hasil belajar siswa juga mendapatkan presentase yang sangat baik yaitu 86,4 % dan 100%. Dari semua presentase yang didapatkan untuk media pembelajaran yang dikembangkan, maka, media pembelajaran dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92398
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15279]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository