Show simple item record

dc.contributor.advisorDAFIK
dc.contributor.advisorSUHARTO
dc.contributor.authorFARUQ, Fathulloh
dc.date.accessioned2019-09-02T04:31:55Z
dc.date.available2019-09-02T04:31:55Z
dc.date.issued2019-09-02
dc.identifier.nimNIM140210101058
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92356
dc.description.abstractTujuan pembuatan media pembelajaran interaktif pokok bahasan barisan aritmetika yang digunakan oleh siswa atau pengguna dengan keterlibatan dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa dan karakter siswa, tujuan pembelajaran dapat ditentukan dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang meliputi analisis awal-akhir, analisis siwa, analisis konsep, dan analisis tugas. Tahap perancangan dalam penelitian dilakukan penyusunan tes terhadap media, pemilihan media, dan pemilihan format. Tahap pengembangan media pembelajaran interaktif dilakukan dengan menghasilkan draf 1 berupa media yang telah ditautkan pada laman Google Classroom divalidasi oleh para ahli atau validator untuk memperoleh data penilaian yang tertera pada lembar validasi penelitian yang diberikan. Tahapan penyebaran dilakukan di sekolah tempat penelitian berlangsung mengenalkan media dan Google Classroom kepada guru matematika di sekolah tersebut dengan cara memberikan buku petunjuk penggunaan dan alamat website untuk dijadikan referensi dalam bahan ajar suplemen pembelajaran agar menarik minat siswa dalam pembelajaran matematika. Alamat webiste kelas dalam Google Classroom adalah www.classroom.google.com dengan kode kelas “30r5mfy” untuk dapat bergabung dalam kelas. Penyebaran selain secara perseorangan dapat juga melalui media sosial. Kegiatan pengembangan media pembelajaran interaktif menghasilkan sebuah media yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Valid ditunjukkan dari tahap validasi yang memperoleh persentase 93,75% dari validator I, 95,31% dari validator II, dan 92,19% dari validator III dengan koefisien korelasi sebesar 0,92 dikategorikan sangat tinggi tingkat interprestasi valid. Praktis ditunjukkan dengan perolehan data angket respon pengguna dengan persentase 85,27% dan menjadikan media pembelajaran dikategorikan sangat baik. Interaksi yang dilakukan dalam penelitian sebanyak 14 komentar pada tugas dari 32 siswa aktif mengikuti kelas. Efektif ditunjukkan dari ketuntasan kelas dengan persentase 87,5% dari 32 siswa tuntas. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran interaktif dapat menunjang pembelajaran dengan keunggulannya dalam teknologi untuk mempermudah penggunaan sehingga efektif dan praktis dalam penggunaannya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210101058;
dc.subjectMedia Pembelajaran Interaktif Onlineen_US
dc.subjectBarisan Aritmetikaen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Pokok Bahasan Barisan Aritmetika Berbantuan Microsoft Visual Basicen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record