• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Pokok Bahasan Barisan Aritmetika Berbantuan Microsoft Visual Basic

    Thumbnail
    View/Open
    Fathulloh Faruq - 140210101058_.pdf (3.684Mb)
    Date
    2019-09-02
    Author
    FARUQ, Fathulloh
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan pembuatan media pembelajaran interaktif pokok bahasan barisan aritmetika yang digunakan oleh siswa atau pengguna dengan keterlibatan dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa dan karakter siswa, tujuan pembelajaran dapat ditentukan dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang meliputi analisis awal-akhir, analisis siwa, analisis konsep, dan analisis tugas. Tahap perancangan dalam penelitian dilakukan penyusunan tes terhadap media, pemilihan media, dan pemilihan format. Tahap pengembangan media pembelajaran interaktif dilakukan dengan menghasilkan draf 1 berupa media yang telah ditautkan pada laman Google Classroom divalidasi oleh para ahli atau validator untuk memperoleh data penilaian yang tertera pada lembar validasi penelitian yang diberikan. Tahapan penyebaran dilakukan di sekolah tempat penelitian berlangsung mengenalkan media dan Google Classroom kepada guru matematika di sekolah tersebut dengan cara memberikan buku petunjuk penggunaan dan alamat website untuk dijadikan referensi dalam bahan ajar suplemen pembelajaran agar menarik minat siswa dalam pembelajaran matematika. Alamat webiste kelas dalam Google Classroom adalah www.classroom.google.com dengan kode kelas “30r5mfy” untuk dapat bergabung dalam kelas. Penyebaran selain secara perseorangan dapat juga melalui media sosial. Kegiatan pengembangan media pembelajaran interaktif menghasilkan sebuah media yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Valid ditunjukkan dari tahap validasi yang memperoleh persentase 93,75% dari validator I, 95,31% dari validator II, dan 92,19% dari validator III dengan koefisien korelasi sebesar 0,92 dikategorikan sangat tinggi tingkat interprestasi valid. Praktis ditunjukkan dengan perolehan data angket respon pengguna dengan persentase 85,27% dan menjadikan media pembelajaran dikategorikan sangat baik. Interaksi yang dilakukan dalam penelitian sebanyak 14 komentar pada tugas dari 32 siswa aktif mengikuti kelas. Efektif ditunjukkan dari ketuntasan kelas dengan persentase 87,5% dari 32 siswa tuntas. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran interaktif dapat menunjang pembelajaran dengan keunggulannya dalam teknologi untuk mempermudah penggunaan sehingga efektif dan praktis dalam penggunaannya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92356
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository