• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Learning Community (LSLC) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Peluang

    Thumbnail
    View/Open
    Hastin Atas Asih-150210101059.pdf (4.468Mb)
    Date
    2019-08-26
    Author
    Atas Asih, HASTIN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan kebutuhan manusia sepanjang hidup dan selalu berubah lantaran mengikuti perkembangan zaman, teknologi dan budaya masyarakat. Salah satu bidang studi yang selalu ada di setiap jenjang pendidikan di Indonesia yaitu matematika. Namun pada kenyataannya pelajaran matematika tidak banyak disukai oleh siswa karena merasa kesulitan dalam menerima materi maupun mengerjakan soal matematika. Hal tersebutlah yang mendorong siswa mempunyai anggapan yang negatif terhadap matematika, sehingga hasil belajar matematika siswa cenderung rendah, salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap matematika yaitu dengan menerapkan pembelajaran kolaboratif berbasis Lesson Study Learning Community (LSLC). Pembelajaran kolaboratif berbasis Lesson Study Learning Community (LSLC) dalam penelitian ini meliputi penataan ruang kelas dengan formasi tempat duduk bentuk U dan guru berada di tengah sebagai pusat. Guru berperan sebagai fasilitator. Menggunakan pendekatan saintifik, model pembelajaran kolaboratif dengan metode tanya jawab dan diskusi. Hasil belajar siswa dilihat dari ranah kognitif berupa nilai Pre-test dan Post-test siswa. Materi pada penelitian ini adalah Peluang. Pada permasalahan peluang dapat membantu memicu proses berfikir siswa dan interaksi siswa dengan siswa lain atau dengan guru, karena siswa dapat memberikan bermacam-macam jawaban/alternatif jawaban. Materi ini disajikan dalam bentuk kontekstual
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92170
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15324]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository