Show simple item record

dc.contributor.advisorLatief, Misno A.
dc.contributor.advisorBudyawati, Luh Putu Indah
dc.contributor.authorMaulidiasari, Rizki
dc.date.accessioned2019-08-19T02:42:39Z
dc.date.available2019-08-19T02:42:39Z
dc.date.issued2019-08-19
dc.identifier.nim15021020508
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91896
dc.description.abstractPendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu bentuk penyelenggara pendidikan pondasi dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasa, sosial emosional, bahas dan seni, sesuai dengan keunikan dan tahaptahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Anak usia dini merupakan anak yang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang bersifat unik. Perkembangan kemandirian pada anak juga harus ditumbuhkan secara baik. Kemandirian yaitu kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh anak untuk melakukan segala sesuatu dengan sendirinya, yang berkaitan dengan aktivitas bantu diri serta aktivitas dalam sehari-hari tanpa bergantung kepada orang lain. Kemandirian biasanya ditandai dengan kemampuan menentukan nasib diri sendiri, mengatur tingkah laku, bertanggung jawab, bisa menahan diri, membuat keputusan sendiri, serta mampu mengatasi masalahnya tanpa ada pengaruh dari orang lain. Peran Guru dan orang tua sama pentingnya yaitu sebagai panutan dan komunikator dengan menerapkan rasa percaya diri, tanggung jawab, dan mandiri bagi anak ketika berada di lingkungan keluarga maupun sekolah upaya meningkatkan kemandirian pada anak Kelompok B di TK Ilmu Al-Qur‟an. Berdasarkan uraian tersebut maka, rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut; Bagaimanakah Upaya Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian pada anak Kelompok B di TK Ilmu Al-Qur‟an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui Upaya Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian pada anak Kelompok B di TK Ilmu Al-Qur‟an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Subyek penelitian ini adalah guru kelas B, orang tua kelompok B, dan anak kelompok B dalam menumbuhkan kemandirian pada anak kelompok B di TK Ilmu Al-Qur‟an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Analisis data yang dipaparkan dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan dengan mengamati upaya guru dalam menumbuhkan kemandirian anak ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Pengumpulan data melalui proses wawancara dengan melibatkan Kepala sekolah, guru kelompok B dan wali murid anak kelompok B di TK Ilmu Al-Qur‟an. Pengumpulan data dokumentasi berupa gambaran umum sekolah, profil sekolah, profil guru, jumlah anak kelompok B, foto proses kegiatan wawancara, kegiatan pembelajaran anak kelompok B di TK Ilmu Al-Qur‟an yang sedang berlangsung. Kesimpulan dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa upaya guru mendidik, mengajar, dan membimbing sudah dilaksanakan dengan baik. Upaya guru mendidik anak dengan cara memberikan bantuan dan dorongan kepada anak yang berkaitan dengan menumbuhkan rasa kemandirian pada anak. Upaya guru dalam mengajar anak, guru memberikan pembelajaran kepada anak dari yang belum bisa hingga menjadi bisa, dari yang tidak tahu menjadi tahu. Upaya guru di TK Ilmu Al-Qur‟an Jember dalam membimbing anak guru berusaha mengingatkan, mendampingi anak serta memberi contoh agar anak terbiasa melakukan kegiatan dengan mandiri. Saran yang dapat disampaikan yaitu guru hendaknya mampu memperkuat dan meningkatkan lagi upaya dalam menumbuhkan kemandirian pada anak Kelompok B di TK Ilmu Al-Qur‟an. Guru diharapkan untuk lebih meningkatkan proses pengembangan kemandirian yang optimal terhadap anak. Guru dapat memberikan pengawasan penuh kepada masing-masing anak pada saat proses pembelajaran, karena kemampuan tiap anak berbeda-bedaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectUpaya Guruen_US
dc.subjectKemandirian Pada Anaken_US
dc.titleUpaya Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Pada Anak Kelompok B Di TK Ilmu Al-Qur’an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record