dc.description.abstract | Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu bentuk penyelenggara
pendidikan pondasi dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik,
kecerdasa, sosial emosional, bahas dan seni, sesuai dengan keunikan dan tahaptahap
perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Anak usia dini merupakan
anak yang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang bersifat
unik. Perkembangan kemandirian pada anak juga harus ditumbuhkan secara baik.
Kemandirian yaitu kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh anak untuk
melakukan segala sesuatu dengan sendirinya, yang berkaitan dengan aktivitas
bantu diri serta aktivitas dalam sehari-hari tanpa bergantung kepada orang lain.
Kemandirian biasanya ditandai dengan kemampuan menentukan nasib diri sendiri,
mengatur tingkah laku, bertanggung jawab, bisa menahan diri, membuat
keputusan sendiri, serta mampu mengatasi masalahnya tanpa ada pengaruh dari
orang lain. Peran Guru dan orang tua sama pentingnya yaitu sebagai panutan dan
komunikator dengan menerapkan rasa percaya diri, tanggung jawab, dan mandiri
bagi anak ketika berada di lingkungan keluarga maupun sekolah upaya
meningkatkan kemandirian pada anak Kelompok B di TK Ilmu Al-Qur‟an.
Berdasarkan uraian tersebut maka, rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai
berikut; Bagaimanakah Upaya Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian pada
anak Kelompok B di TK Ilmu Al-Qur‟an Kecamatan Kaliwates Kabupaten
Jember.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui
Upaya Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian pada anak Kelompok B di TK
Ilmu Al-Qur‟an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Subyek penelitian ini adalah guru kelas B, orang tua kelompok B, dan
anak kelompok B dalam menumbuhkan kemandirian pada anak kelompok B di
TK Ilmu Al-Qur‟an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Analisis data yang
dipaparkan dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Observasi yang dilakukan dengan mengamati upaya guru dalam
menumbuhkan kemandirian anak ketika kegiatan pembelajaran berlangsung.
Pengumpulan data melalui proses wawancara dengan melibatkan Kepala sekolah,
guru kelompok B dan wali murid anak kelompok B di TK Ilmu Al-Qur‟an.
Pengumpulan data dokumentasi berupa gambaran umum sekolah, profil sekolah,
profil guru, jumlah anak kelompok B, foto proses kegiatan wawancara, kegiatan
pembelajaran anak kelompok B di TK Ilmu Al-Qur‟an yang sedang berlangsung.
Kesimpulan dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa upaya
guru mendidik, mengajar, dan membimbing sudah dilaksanakan dengan baik.
Upaya guru mendidik anak dengan cara memberikan bantuan dan dorongan
kepada anak yang berkaitan dengan menumbuhkan rasa kemandirian pada anak.
Upaya guru dalam mengajar anak, guru memberikan pembelajaran kepada anak
dari yang belum bisa hingga menjadi bisa, dari yang tidak tahu menjadi tahu.
Upaya guru di TK Ilmu Al-Qur‟an Jember dalam membimbing anak guru
berusaha mengingatkan, mendampingi anak serta memberi contoh agar anak
terbiasa melakukan kegiatan dengan mandiri.
Saran yang dapat disampaikan yaitu guru hendaknya mampu memperkuat
dan meningkatkan lagi upaya dalam menumbuhkan kemandirian pada anak
Kelompok B di TK Ilmu Al-Qur‟an. Guru diharapkan untuk lebih meningkatkan
proses pengembangan kemandirian yang optimal terhadap anak. Guru dapat
memberikan pengawasan penuh kepada masing-masing anak pada saat proses
pembelajaran, karena kemampuan tiap anak berbeda-beda | en_US |