• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Pada Anak Kelompok B Di TK Ilmu Al-Qur’an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Rizki Maulidiasari-150210205088 Sdh.pdf (8.516Mb)
    Date
    2019-08-19
    Author
    Maulidiasari, Rizki
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu bentuk penyelenggara pendidikan pondasi dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasa, sosial emosional, bahas dan seni, sesuai dengan keunikan dan tahaptahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Anak usia dini merupakan anak yang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang bersifat unik. Perkembangan kemandirian pada anak juga harus ditumbuhkan secara baik. Kemandirian yaitu kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh anak untuk melakukan segala sesuatu dengan sendirinya, yang berkaitan dengan aktivitas bantu diri serta aktivitas dalam sehari-hari tanpa bergantung kepada orang lain. Kemandirian biasanya ditandai dengan kemampuan menentukan nasib diri sendiri, mengatur tingkah laku, bertanggung jawab, bisa menahan diri, membuat keputusan sendiri, serta mampu mengatasi masalahnya tanpa ada pengaruh dari orang lain. Peran Guru dan orang tua sama pentingnya yaitu sebagai panutan dan komunikator dengan menerapkan rasa percaya diri, tanggung jawab, dan mandiri bagi anak ketika berada di lingkungan keluarga maupun sekolah upaya meningkatkan kemandirian pada anak Kelompok B di TK Ilmu Al-Qur‟an. Berdasarkan uraian tersebut maka, rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut; Bagaimanakah Upaya Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian pada anak Kelompok B di TK Ilmu Al-Qur‟an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui Upaya Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian pada anak Kelompok B di TK Ilmu Al-Qur‟an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Subyek penelitian ini adalah guru kelas B, orang tua kelompok B, dan anak kelompok B dalam menumbuhkan kemandirian pada anak kelompok B di TK Ilmu Al-Qur‟an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Analisis data yang dipaparkan dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan dengan mengamati upaya guru dalam menumbuhkan kemandirian anak ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Pengumpulan data melalui proses wawancara dengan melibatkan Kepala sekolah, guru kelompok B dan wali murid anak kelompok B di TK Ilmu Al-Qur‟an. Pengumpulan data dokumentasi berupa gambaran umum sekolah, profil sekolah, profil guru, jumlah anak kelompok B, foto proses kegiatan wawancara, kegiatan pembelajaran anak kelompok B di TK Ilmu Al-Qur‟an yang sedang berlangsung. Kesimpulan dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa upaya guru mendidik, mengajar, dan membimbing sudah dilaksanakan dengan baik. Upaya guru mendidik anak dengan cara memberikan bantuan dan dorongan kepada anak yang berkaitan dengan menumbuhkan rasa kemandirian pada anak. Upaya guru dalam mengajar anak, guru memberikan pembelajaran kepada anak dari yang belum bisa hingga menjadi bisa, dari yang tidak tahu menjadi tahu. Upaya guru di TK Ilmu Al-Qur‟an Jember dalam membimbing anak guru berusaha mengingatkan, mendampingi anak serta memberi contoh agar anak terbiasa melakukan kegiatan dengan mandiri. Saran yang dapat disampaikan yaitu guru hendaknya mampu memperkuat dan meningkatkan lagi upaya dalam menumbuhkan kemandirian pada anak Kelompok B di TK Ilmu Al-Qur‟an. Guru diharapkan untuk lebih meningkatkan proses pengembangan kemandirian yang optimal terhadap anak. Guru dapat memberikan pengawasan penuh kepada masing-masing anak pada saat proses pembelajaran, karena kemampuan tiap anak berbeda-beda
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91896
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository