Show simple item record

dc.contributor.advisorSyaharudin, M
dc.contributor.authorRukmana, Putri Ria
dc.date.accessioned2019-08-16T02:44:18Z
dc.date.available2019-08-16T02:44:18Z
dc.date.issued2019-08-16
dc.identifier.nim160803103016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91856
dc.description.abstractHumas adalah kegiatan komunikasi dalam organisasi yang berlangsung dua arah atau timbal balik. Posisi humas merupakan penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh suatu manajemen organisasi. Sasaran humas adalah publik internal dan eksternal, dimana secara operasional humas bertugas membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publik. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa setiap instansi atau lembaga baik swasta maupun pemerintah, pasti tidak akan lepas dari humas. Karena, humas merupakan bidang atau fungsi tertentu yang diperlukan setiap organisasi. Sehingga kebutuhan tentang humas tidak dapat dicegah. Humas juga merupakan salah satu elemen yang menentukan kelangsungan suatu organisasi secara positif. Humas memegang peranan yang cukup besar, yakni dalam membentuk dan menjaga reputasi atau citra pada organisasi tersebut. Sedangkan dalam instansi pemerintah, bahwa keberadaan humas di instansi pemerintah, harus fungsional dan operasional dalam upaya mempublikasikan atau menyebarluaskan suatu kegiatan instansi yang bersangkutan untuk kepentingan internal maupun eksternal, dan dalam pengertiannya ada beberapa tugas dan fungi atau peran salah satunya adalah membangun dan mempertahankan hubungan baik dengan pihak internal maupun eksternal. Dalam menjalin hubungan internal yakni dengan segenap pegawai yang ada di lingkungan perusahaan, sedangkan untuk pihak eksternal yakni dengan masyarakat luas, dimana media ini sangat penting bagi kegiatan kehumasan karena memiliki kekuatan di hadapan publik. Di perusahaan sangatlah penting peranan sebuah media, dimana media ini dapat dikembangkan menjadi sebuah konsep komunikasi. Saat ini kita telah memasuki era informasi dimana media mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Media yang cukup akrab dengan kita yaitu media cetak seperti Koran atau majalah, lalu media elektronik yaitu televisi dan radio, serta media baru yaitu internet dan media sosial. Media juga mempunyai peran yang sangat besar dalam membangun citra dan nama baik perusahaan. Menggunakan media merupakan salah satu strategi paling efektif dalam menjangkau masyarakat luas. Ada beberapa media yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo yang bertujuan untuk memberikan informasi secara internal maupun eksternal. Media secara internal, Pemerintah Kabupaten Situbondo memiliki media monitoring, sedangkan media eksternalnya yakni mealui media online/ web sit. Media monitoring merupakan media internal yang diperuntukkan pejabat Pemerintah Kabupaten Situbondo, yang artinya tidak untuk di konsumsi untuk umum maupun staf. Adapun media monitoring adalah hasil dari kliping surat kabar harian kegiatan bupati untuk dijadikan bahan SPJ (surat pembayaran jasa). Media eksternal yang dipergunakan humas Pemerintah Kabupaten Situbondo adalah website, sebagai alat untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat luas, dengan alamat (http://situbondokab.go.id). Dengan website ini humas Pemerintah Kabupaten Situbondo dapat mempublikasikan informasi up to date mengenai segala hal yang berkaitan dengan pemerintah. Diharapkan dengan adanya website ini dapat memperlancar arus komunikasi dua arah antara pemerintah dan masyarakat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectHubungan Masyarakaten_US
dc.subjectKomunikasi Publiken_US
dc.titlePeran Hubungan Masyarakat Pada Sub Bagian Media Dan Komunikasi Publik Di Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Situbondoen_US
dc.typeDiploma Reporten_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record