dc.description.abstract | Pada kurikulum 2013, guru kelas IV di SDN Tamanan 01 hanya berpacu pada buku tematik yang telah disediakan pemerintah dalam proses pembelajaran. Buku Siswa yang diberikan oleh pemerintah digunakan di seluruh wilayah Indonesia. Sedangkan daerah tempat tinggal dan lingkungan siswa sangat beragam namun kearifan lokal pada masing-masing daerah siswa tidak termuat dalam buku tersebut. Tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan materi ajar tematik berbasis kearifan lokal Bondowoso pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku untuk kelas IV SD, selanjutnya dari hasil pengembangan tersebut diukur validitas materi ajar tematik berbasis kearifan lokal Bondowoso, hasil belajar siswa, dan respon siswa untuk mengukur kelayakan materi ajar yang dikembangkan. Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan, maka rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimanakah proses dan hasil pengembangan materi ajar tema Indahnya Keragaman di Negeriku berbasis kearifan lokal Bondowoso kelas IV SDN Tamanan 01.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Prosedur penelitian pengembangan ini adalah pengembangan Research and Development (R&D) model Borg and Gall. Ketujuh tahapan pengembangan Borg & Gall (dalam Gooch,2012:85) yaitu sebagai berikut : (1) Analisis kebutuhan, dilakukan untuk mengetahui data dan informasi yang tepat berkaitan dengan kebutuhan produk tertentu yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dalam melakukan penelitian pengembangan. (2) Perencanaan dan desain produk, membuat perencanaan desain produk yang dikembangkan dengan mengulas materi, pemilihan gambar pendukung, membuat desain layout, penyusunan kalimat yang komunikatif dan hal lainnya yang disajikan dalam materi ajar. | en_US |