• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Materi Ajar Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Berbasis Kearifan Lokal Bondowoso Kelas IV SDN Tamanan 01

    Thumbnail
    View/Open
    Ani Riskiana - 150210204027 Sdh.pdf (4.626Mb)
    Date
    2019-08-12
    Author
    Riskiana, Ani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada kurikulum 2013, guru kelas IV di SDN Tamanan 01 hanya berpacu pada buku tematik yang telah disediakan pemerintah dalam proses pembelajaran. Buku Siswa yang diberikan oleh pemerintah digunakan di seluruh wilayah Indonesia. Sedangkan daerah tempat tinggal dan lingkungan siswa sangat beragam namun kearifan lokal pada masing-masing daerah siswa tidak termuat dalam buku tersebut. Tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan materi ajar tematik berbasis kearifan lokal Bondowoso pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku untuk kelas IV SD, selanjutnya dari hasil pengembangan tersebut diukur validitas materi ajar tematik berbasis kearifan lokal Bondowoso, hasil belajar siswa, dan respon siswa untuk mengukur kelayakan materi ajar yang dikembangkan. Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan, maka rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimanakah proses dan hasil pengembangan materi ajar tema Indahnya Keragaman di Negeriku berbasis kearifan lokal Bondowoso kelas IV SDN Tamanan 01. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Prosedur penelitian pengembangan ini adalah pengembangan Research and Development (R&D) model Borg and Gall. Ketujuh tahapan pengembangan Borg & Gall (dalam Gooch,2012:85) yaitu sebagai berikut : (1) Analisis kebutuhan, dilakukan untuk mengetahui data dan informasi yang tepat berkaitan dengan kebutuhan produk tertentu yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dalam melakukan penelitian pengembangan. (2) Perencanaan dan desain produk, membuat perencanaan desain produk yang dikembangkan dengan mengulas materi, pemilihan gambar pendukung, membuat desain layout, penyusunan kalimat yang komunikatif dan hal lainnya yang disajikan dalam materi ajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91625
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository