• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Laboratory terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa di MAN 2 Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Arif Rahman Fadli - 150210102010_1.pdf (6.990Mb)
    Date
    2019-08-08
    Author
    FADLI, Arif Rahman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Upaya perubahan mutu pendidikan nasional sudah meliputi standarisasi termasuk penyempurnaan kurikulum, sistem pengajaran, peningkatan kinerja guru serta pengadaan fasilitas dan sumber belajar, namun hal itu nyatanya belum cukup untuk mengembangkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan data dari PUSPENDIK 2017/2018 diketahui bahwa rata-rata hasil ujian nasional di MAN 2 Banyuwangi sebesar 47.84% pada mata pelajaran fisika, hal ini menunjukkan angka penurunan yang drastis dari dua tahun sebelumnya dimana pada tahun 2015 menunjukkan angka 80,46% dan pada tahun 2016 menunjukkan angka 66.76%. Data ini didukung pula wawancara dengan guru fisika MAN 2 Banyuwangi yang mengemukakan bahwa pembelajaran fisika dengan media laboratorium masih sangat terbatas. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang mampu memberikan kesempatan siswa dalam mempelajari materi fisika secara langsung di dalam laboratorium, dan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Beberapa teori menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Solving Laboratory dapat melatih siswa dalam memecahkan masalah konsep-konsep fisika yang merupakan salah satu komponen kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Laboratory terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa di MAN 2 Banyuwangi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91535
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15326]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository