Show simple item record

dc.contributor.advisorPrihatin, Jekti
dc.contributor.advisorFikri, Kamalia
dc.contributor.authorWahyuningtiyas, Ramawati Dwi
dc.date.accessioned2019-06-08T09:21:14Z
dc.date.available2019-06-08T09:21:14Z
dc.date.issued2019-06-08
dc.identifier.nim140210103052
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91142
dc.description.abstractWilayah Indonesia merupakan wilayah taut yang luas dan memiliki potensi sumber daya pesisir yang besar. Kenyataanya, sebagian besar masyarakat pesisir berpendapatan rendah yang mengakibatkan rendahnya kesejahteraan masyarakat pesisir. Salah satu penyebab pendapatan dan kesejahteraan yang rendah adalah pendidikan yang rendah dan perlu ditingkatkan melalui peningkatan sumber daya manusia. Peningkatan sumber daya manusia dapat dilakukan di bidang pendidikan. Permasalahan pendidikan di wilayah pesisir adalah kurangnya motivasi siswa untuk belajar. Kurangnya motivasi belajar berpengaruh pada basil belajar yang rendah pula. Selain hasil belajar, kurangnya motivasi belajar berpengaruh pada retensi siswa terhadap materi. Upaya yang dapat dilakukan untuk membuat suasana pembelajaran kWh menyenangkan adalah dengan pengembangan model pembelajaran yang lebih bervariasi. Pengembangan model pembelajaran yang dilakukan yaitu model mengkombinasikan pembelajaran NHT dan AIR. Berdasarkan kelebihan dan kelemahan dari kedua model tersebut dipadukan dengan pendekatan BBL. Model pembelajaran NHT mereduksi, kelemahan dari model pembelajaran AIR yakni, meningkatkan prestasi keaktifan, tanggung-jawab, rasa percaya diri, rasa ingin tahu, dan memperdalam pengetahuan siswa serta membuat siswa senang dalam pembelajaran. Model pembelajaran NODAR berbasis BBL mampu menjadikan suasana pembelajaran di kelas lebih menyenangkan. Selain itu, model pembelajaran NODAR berbasis BBL berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel Pembelajaran NODARen_US
dc.subjectNumbering, Observing, Discussing, Answering, Repetitionen_US
dc.subjectPendekatan BBLen_US
dc.subjectBrain-Based Learningen_US
dc.subjectRetensi dan Hasil Belajar Siswa di Wilayah Pesisiren_US
dc.titlePengembangan Model Pembelajaran NODAR (Numbering, Observing, Discussing, Answering, Repetition) Berbasis Pendekatan BBL (Brain-Based Learning) dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Retensi dan Hasil Belajar Siswa di Wilayah Pesisiren_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record