Show simple item record

dc.contributor.advisorMUDAKIR, Imam
dc.contributor.advisorIQBAL, Mochammad
dc.contributor.authorSAPUTRI, Imelysia Darwis
dc.date.accessioned2019-04-24T01:00:02Z
dc.date.available2019-04-24T01:00:02Z
dc.date.issued2019-04-24
dc.identifier.nimNIM140210103012
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90617
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari bahan ajar berbasis Owncloud.. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan. Validitas bahan ajar berbasis Owncloud didapat dari hasil validasi ahli materi dan pengembangan, ahli media berbasis teknologi dan informasi, dan pengguna yaitu 1 guru Biologi dari SMA Negeri 1 Muncar dan SMA Negeri 1 Purwoharjo. Kepraktisan bahan ajar berbasis Owncloud didapat dari hasil angket respon guru dan angket respon siswa. Efektivitas bahan ajar berbasis Owncloud didapat dari uji coba menggunakan penelitian tindakan melalui hasil belajar berupa pre-test dan post-test (penggunaan media dan materi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas bahan ajar berbasis Owncloud oleh ahli materi dan pengembangan sebesar 83,75 % (valid), ahli media sebesar 82,22 % (valid), dan pengguna sebesar 88,57 % (sangat valid) dan 94,28 % (sangat valid). Kepraktisan bahan ajar berbasis Owncloud menggunakan angket respon guru yaitu 90% dan respon siswa saat uji coba menggunakan penelitian tindakan di kedua sekolah yaitu 88,07 %, sehingga dikatakan sangat praktis. Efektivitas bahan ajar berbasis Owncloud menunjukkan ratarata nilai Normalized gain dari 2 sekolah secara berturut-turut yaitu 0,55 dan 0,58, sehingga memiliki rata-rata sebesar 0,57 dengan kategori sedang dan dapat dikatakan efektif karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa dari sebelumnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis Owncloud dengan mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari media. Validitas bahan ajar berbasis Owncloud yang divalidasi oleh para ahli dan pengguna yaitu sangat valid, kepraktisan bahan ajar berbasis Owncloud tergolong sangat praktis, dan efektivitas bahan ajar berbasis Owncloud ialah efektif. Sehingga bahan ajar berbasis Owncloud dapat digunakan sebagai sumber belajar alternatif dan media pembelajaran dalam proses pembelajaran khususnya pokok bahasan perubahan lingkungan dan daur ulang limbah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210103012;
dc.subjectBerbasis Ownclouden_US
dc.subjectLingkungan Dan Daur Ulang Limbahen_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar Berbasis Owncloud Pokok Bahasan Perubahan Lingkungan Dan Daur Ulang Limbah Untuk Pembelajaran Kelas X IPA SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record