• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Owncloud Pokok Bahasan Perubahan Lingkungan Dan Daur Ulang Limbah Untuk Pembelajaran Kelas X IPA SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Imelysia Darwis Saputri-140210103012_.pdf (4.039Mb)
    Date
    2019-04-24
    Author
    SAPUTRI, Imelysia Darwis
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari bahan ajar berbasis Owncloud.. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan. Validitas bahan ajar berbasis Owncloud didapat dari hasil validasi ahli materi dan pengembangan, ahli media berbasis teknologi dan informasi, dan pengguna yaitu 1 guru Biologi dari SMA Negeri 1 Muncar dan SMA Negeri 1 Purwoharjo. Kepraktisan bahan ajar berbasis Owncloud didapat dari hasil angket respon guru dan angket respon siswa. Efektivitas bahan ajar berbasis Owncloud didapat dari uji coba menggunakan penelitian tindakan melalui hasil belajar berupa pre-test dan post-test (penggunaan media dan materi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas bahan ajar berbasis Owncloud oleh ahli materi dan pengembangan sebesar 83,75 % (valid), ahli media sebesar 82,22 % (valid), dan pengguna sebesar 88,57 % (sangat valid) dan 94,28 % (sangat valid). Kepraktisan bahan ajar berbasis Owncloud menggunakan angket respon guru yaitu 90% dan respon siswa saat uji coba menggunakan penelitian tindakan di kedua sekolah yaitu 88,07 %, sehingga dikatakan sangat praktis. Efektivitas bahan ajar berbasis Owncloud menunjukkan ratarata nilai Normalized gain dari 2 sekolah secara berturut-turut yaitu 0,55 dan 0,58, sehingga memiliki rata-rata sebesar 0,57 dengan kategori sedang dan dapat dikatakan efektif karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa dari sebelumnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis Owncloud dengan mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari media. Validitas bahan ajar berbasis Owncloud yang divalidasi oleh para ahli dan pengguna yaitu sangat valid, kepraktisan bahan ajar berbasis Owncloud tergolong sangat praktis, dan efektivitas bahan ajar berbasis Owncloud ialah efektif. Sehingga bahan ajar berbasis Owncloud dapat digunakan sebagai sumber belajar alternatif dan media pembelajaran dalam proses pembelajaran khususnya pokok bahasan perubahan lingkungan dan daur ulang limbah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90617
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository