• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Paired Storytelling Untuk Meningkatkan Historical Comprehension Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI Mipa 1 SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Siti Holisah - 140210302083 Sdh.pdf (4.311Mb)
    Date
    2019-04-11
    Author
    Holisah, Siti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penting dari pembelajaran sejarah adalah kualitas pemahaman sejarah (historical comprehension) peserta didik. Proses pembelajaran berkenaan dengan upaya memperkenalkan peserta didik terhadap disiplin ilmu sejarah yang berkaitan dengan ruang, waktu dan peristiwa serta menanamkan pengetahuan dan nilai-nilai mengenai proses perubahan dan perkembangan masyarakat Indonesa dan dunia pada masa lampau hinnga kini. Dalam mencapai tujuan pembelajaran sejarah berorientasi pada tuntutan Kompetensi Dasar (KD), sehingga pendidik berusaha menyelesaikan seluruh materi yang harus dipelajari tanpa memerhatikan apakah tujuan pembelajaran sejarah sudah tercapai apa belum. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, pembelajaran sejarah pada kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri Rambipuji memiliki permasalahan terkait rendahnya historical comprehension dan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang belum mencapai kriteria ketutasan minumum (KKM) sehingga tujuan pembelajaran sejarah belum tercapai sepenuhnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, metode paired storytelling digunakan untuk meningkatkan historical comprehension dna hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan metode Paired Storytelling dapat meningkatkan historical comprehension peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri Rambipuji tahun ajaran 2018/2019; (2) bagaimana penerapan metode Paired Storytelling dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri Rambipuji tahun ajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri Rambipuji dengan jumlah 36 peserta didik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90400
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository